Jarang Diketahui, Ini Wisata Kawah Candradimuka Dieng yang Menakjubkan

              kawah candradimuka dieng

NEEATIZEN-Kawah Candradimuka merupakan kawah aktif di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Meski kurang populer, Kawah Candradimuka tetap menjadi destinasi wisata yang menarik.

 Seperti kebanyakan tempat wisata di Dieng, nama Kawah Candradimukha berasal dari cerita pewayangan, bayi Gatotkacha dilatih untuk memiliki kekuatan gaib. Kawah ini terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara Jateng.

Wisata Kawah Candradimuka  Banjarnegara, Jawa Tengah menjadi destinasi yang wajib dikunjungi karena keindahan dan pesonanya yang tiada tara.

Penduduk Kawasan Wisata Kawah Candradimuka Banjarnegara Jawa Tengah sangat ramah dan bersahabat baik dengan masyarakat dari kota Banjarnegara maupun yang tinggal di luar kota Banjarnegara. 

Kawah Candradimuka adalah salah satu dari sekian banyak kawah di Dieng. Nama Chandradimukha sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kawah yang disebut-sebut sebagai lokasi  ditempanta tokoh wayang Gatutkava ini memiliki kekuatan magis berupa otot kawah balung wesi/tulang baja. 

Chandradimuka adalah nama sebuah tempat di dalam cerita wayang Jawa. Kawah ini kemudian melahirkan bayi-bayi yang kuat. Seorang bayi yang telah digembleng dan dilatih oleh para dewa disebut "Jabang bayi Tetuko" (nama panggilan kecil untuk Gatokacha), ksatria dari Pringgondani.

Kawah Chandradimuka masih aktif sampai sekarang. Lokasi Kawah Candradimuka memungkinkan berbagai aspek aktivitas kawah untuk dilihat.

Para ahli geologi mengatakan kawah-kawah tersebut bukanlah kawah gunung berapi, melainkan celah-celah di dalam tanah yang aktif memproduksi solfatara, seperti yang dijelaskan Kandradimuka dalam cerita Wayang. , suhu air di kawah ini bisa mencapai 100 derajat Celcius, makanya dinamakan Kawah Candradimuka.

Bagi yang berasal dari kota Banjarnegara tidak perlu bingung lagi untuk mengunjungi destinasi wisata Kawah Candradimuka.

Tentunya transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk berwisata ke Kawah ini bisa menggunakan motor maupun mobil. Dengan Google Maps yang terpasang di smartphone Anda, Anda bisa menanyakan arah menuju Kawah Chandradimuka di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Perjanalanan menuju kawah Candradimuka lebih asik naik kendaraan pribadi. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan umum seperti bus umum atau angkutan lainnya, tidak akan menjadi masalah besar karena Anda bisa berhenti di kawasan Batur. Kemudian naik ojek atau mobil pribadi menuju Desa Pekasiran dan berjalan kaki menuju kawasan wisata Kawah Chandradimuka.

(ICA)