4 Wisata Sejarah di Jawa Tengah Menarik untuk Dikunjungi

Ary
0
           Masjid Agung Demak 

NEAJURNAL-Berikut ini empat wisata di Jawa Tengah bernuansa sejarah yang menarik untuk kamu kunjungi. Ini dia daftarnya. 


1. Masjid Agung Demak 

 Tengah terdapat Masjid Agung Demak yang merupakan peninggalan gaya Islam, tepatnya saat Wali Songo menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah. Usia masjid ini telah mencapai 500 tahun dan diakui sebagai cagar budaya. 

Salah satu hal yang menarik dari arsitektur masjid ini adalah memiliki tiang utama yang terbuat dari tumpukan tatal (batang kayu yang dibelah) yang diyakini dibuat oleh Sunan Kalijogo. Sedangkan 3 tiang lainnya terbuat dari kayu jati. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini merupakan salah satu tempat ibadah paling terkenal di Jawa Tengah. 

2. Lawang Sewu Lawang Sewu 

Lawang Sewu merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah yang menyuguhkan nuansa sejarah pada masa penjajahan Belanda. Hal ini dikarenakan gedung ini merupakan bekas gedung NederlandsIndische Spoorweg Maatschappij (NIS). 

Selain itu, Lawang Sewu juga merupakan penjara terkejam pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Lawang Sewu sangat cocok untuk traveler yang suka menjelajah dan mengeksplorasi misteri. Padahal, meski bernama Lawang Sewu, jumlah pintu di gedung ini hanya 429. 

3. Kota Lama Semarang 

memiliki unsur sejarah dan budaya yang sangat kental. Dengan banyaknya bangunan kolonial bergaya klasik, Kota Lama Semarang menjadi salah satu tempat wisata yang sarat akan sejarah. Di kawasan Kota Lama Semarang, para tamu dapat menikmati hidangan lezat seperti nasi gandul dan nasi ayam khas Semarang, serta tiga jenis nasi goreng yang terkenal enak. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak spot foto menarik, salah satunya adalah Gereja Blenduk. Jangan lupakan hostel bergaya klasik bagi traveler yang ingin menginap di Kota Lama Semarang.

 4. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

 Keraton Kasunanan Surakarta merupakan keraton yang dibangun pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II. Saat ini Keraton Kasunanan Surakarta merupakan salah satu tempat wisata di kota Surakarta. Sebagian besar kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik keluarga kerajaan, antara lain hadiah dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)