Suling, Contoh Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Ary
0

NEAJURNAL-Contoh alat musik Jawa Tengah, suling. Suling atau seruling adalah salah satu contoh alat musik tradisional Jawa Tengah. Beberapa daerah lain termasuk Jawa Barat juga punya alat musik khas serupa. Kali ini akan dibahas tentang suling bambu dan cara memainkanya yang banyak dijumpai pada pertunjukan musik tradisional.

Pengertian suling bambu alat musik tradisional Jawa Tengah

Suling bambu merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah. Seperti namanya suling ini dibuat dari bambu dan cara memainkanya dengan ditiup. Kini ada juga seruling elektrik.

Cara Memainkan musik tradisional Jawa Tengah suling bambu

Suling bambu yang dikenal juga dengan nama suling bambu adalah alat musik tiup tradisional yang terbuat dari  bambu. Hal ini menurut buku berjudul Ensiklopedia Pelajar dan Umum  ditulis oleh Gamal Komandoko (2010: 148).

Cara memainkan alat musik suling dengan ditiup.  Suling masuk dalam  instrumen musik aerophone. Artinya adalah suara yang dihasilkan berasal dari hembusan atau tiupan angin.

Untuk memainkannya, Alat musik suling bisa dimainkan dengan cara meniup lubang pasa bagian pangkal alat musik tersebut. Ketika meniup lubang pada bagian pangkal suling,  ujung jari-jari tangan juga harus bergerak untuk menutup dan membuka lubang-lubang yang fungsinya untuk penghasil atau mengeluarkan nada.

Kemudian, suara bunyi suling hasilkan suara merdu, perlu dipahami teknik meniup suling yang benar sehingga tidak fals atau sumbang. Teknik meniup suling ini bisa diterapkan dengan cata hembuskan nafas secukupnya, sedang, tidak terlalu kecil maupun besar.  Anda hanya perlu meniupnya menggunakan hembusan nafas dengan stabil supaya suara yang keluar merdu.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)