Biografi Penemu Penisilin Alexander Fleming

Ary
0
Penemu Penisilin Alexander Fleming

Alexander Fleming merupakan ilmuwan berkebangsaan Skotlandia, Lahir pada 6 Agustus 1881 di kota Ayrshire.

Dia dikenal sebagai penemu antibiotik Penisilin yang uniknya dilakukan tak sengaja. Bagaimana kisahnya ?

Kisah Penemuan Penisilin

Kisah penemuan penisilin yang tak sengaja itu bermula ketika Alexander Fleming sedang liburan dua Minggu. Saat itu dia meninggalkan piring berisi bakteri Staphylococcus di bangku laboratoriumnya.

Waktu itu dia sedang menguji teori kesukaannya tentang lendir hidung yang punya efek antibakteri.

Sepulang liburan dan kembali ke laboratoriumnya, Alexander Fleming mendapati adanya lingkaran bening menyelubungi pertumbuhan jamur kuning kehijauan mengkontaminasi piring tak sengaja.

Tanpa sepengetahuannya, spora jenis Penicillium Natanum ternyata hinggap ke laboratorium mikologi yang lokasinya satu lantai dibawah laboratorium milik Alexander Fleming.

Ketika musim dingin, jamur di lingkaran itu tumbuh dan berkembang, saat suhu naik rupanya bakteri Staphylococcus tumbuh menutup permukaan piring.

Fleming kemudian menyimpulkan ternyata Penicillium Natatum bisa melepas zat kimia yang bisa hambat tumbuhnya bakteri.

Efek Penemuan

Penemuan tak sengaja ini berefek mengejutkan, merubah jalannya sejarah. Penisilin ini ternyata bisa dijadikan alat penghambat infeksi yang sangat manjur.

Penemuan Penisilin oleh Fleming juga telah mengubah cara menangani infeksi dan mengubah industri farmasi. Berkat penemuan Fleming, Industri Farmasi membuat penisilin sintetis skala besar yang digunakan untuk mengobati TBC, sifilis dan gangrene.

Penisilin Pada Perang Dunia II

Penisilin telah berkontribusi besar membantu mengobati penyakit yang diderita jutaan manusia saat perang dunia 2. Seperti penyakit sifilis, pneumonia, gonorrhea, jengkering, difteri, dan infkesi kelahiran bayi. Penemuan penisilin sangat penting bagi dunia medis modern.

Akhir Hayat

Alexander Fleming meninggal dunia akibat serangan jantung, pada tanggal 11 Maret 1995. Atas jasanya menemukan Penisilin, Fleming dimakamkan sebagai pahlawan nasional Inggris di Katedral St. Paul, London.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)