Biografi Penemu Baterai Alessandro Volta

Ary
0


Dia adalah tokoh ahli fisika ternama dari Italia. Alessandro Volta diketahui merupakan ilmuwan penemu elemen Volta, cikal bakal elemen kering yang kemudian kita sebut baterai.

Alessandro Volta merupakan keluarga bangsawan, lahir di Como, Lombardia Italia pada tanggal 18 Februari tahun 1945.

Masa Kecil Suram, Bodoh dan Terbelakang

Meski lahir dari keluarga bangsawan, masa kecil Volta tidak seindah yang disangka. Ia dianggap anak bodoh dan terbelakang. Namun dia sosok yang tekun dan punya semangat tinggi.

Berkat ketekunannya, dia bahkan bisa melampaui kecerdasan teman sebaya. Bahkan, diusianya ke 14, Volta sudah punya keinginan kuat menjadi ahli fisika, yang kemudian terbukti di masa depan.

Perubahan dan Pencapaian

Volta akhirnya benar benar mewujudkan keinginannya. Dari bodoh dan terbelakang saat kecil, kini berhasil menjadi ilmuwan terhormat dan produktif.

Ada sejumlah penemuannya yang terkenal seperti pistol listrik, kondensator, eudimeter, dan lampu udara. Tak cuma itu, ia juga pernah menjadi guru besar dan juga terkenal sebagai seorang pengarang.

Cikal Bakal Penemuan Baterai

Pencapaiannya tak berhenti disana. Volta kemudian juga dikenal sebagai penemu baterai. Penemuannya ini berawal dari seorang temannya ahli fisiologi namanya Luigi Galvani.

Ceritanya, Galvani waktu itu tengah melakukan percobaan pada kaki katak diikat dengan kait tembaga, eksperimen ini dilakukan tahun 1786.

Ketika kaki katak menyentuh besi, otomatis kaki itu berdenyut. Galvani kemudian menyimpulkan daging katak mengandung listrik.

Tapi awalnya, kesimpulan Galvani tidak serta merta diterima Volta. Malah, Volta mencoba menyanggahnya dengan melakukan eksperimen sendiri untuk menguji kesimpulan temannya.

Dari hasil percobaannya pada tahun 1794 (sekitar 8 tahun setelah kejadian)Volta menyimpulkan bahwa muatan listrik yang dihasilkan bukan dari kaki katak tapi dari logam.

Dari sini, kemudian terjadi debat sengit pendukung Galvani dan pendukung Volta.

Tapi, perdebatan ini tak juga ketemu titik terang selama 6 tahun lamanya. Sampai tahun 1800, kemudian Volta berhasil menemukan baterai dan mengalahkan teori Galvani serta mengakhiri debat panjang selama ini.

Akhir Hayat

Alessandro meninggal dunia di tempat kelahirannya, Como Italia pada tanggal 5 Maret tahun 1827, pada umur 82 tahun.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)