Penemu Laptop Adam Osborne

Ary
0
Adam Osborne : Biografi Adam Osborne penemu laptop



Adam Osborne merupakan tokoh penemu laptop. Ia seorang warga keturunan Inggris yang lahir di Thailand pada tahun 1939. Di usianya yang ke 11, bersama keluarganya kembali ke negara asalnya.

Pendidikan

Adam Osborne kuliah di Universitas Brimingham Inggris dan pada tahun 1961 meraih gelar sarjana muda di bidang teknik di Universitas tersebut. Lalu melanjutkan studinya di Universitas Dalware meraih gelar Ph.D di bidang yang sama.

Pekerjaan

Selesai kuliah, Adam sempat bekerja di perusahaan Shell Oil sebelum akhirnya memutuskan hengkang dan memilih menjadi penulis praktis tentang komputer.

Dari pekerjaannya sebagai penulis inilah, dia menemukan konsep komputer praktis yang bisa digunakan kapan saja dimana saja.

Waktu itu, belum ada perusahaan komputer yang memiliki konsep semacam itu. Adam pun mencurahkan energinya untuk mengembangkan konsep komputer temuannya.

Sebuah komputer portabel gampang digunakan, menarik dan kuat, yang merupakan cikal bakal laptop yang kita kenal sekarang.

Kerjasama dengan Lee Felsenstein : Penemu Papan Sirkuit Untuk Teknologi Prosesor

Pada tahun 1980, Adam bekerjasama dengan Le Felsenstein, yang saat itu sedang merancang papan sirkuit untuk teknologi prosesor.

Adam meminta Le Felsenstein untuk membuat sebuah komputer portabel, yang bisa ditaruh dibawah tempat duduk pesawat terbang.

Le Felsenstein mulai merancang komputer sesuai spesifikasi yang diajukan Adam. Hasilnya, tercipta sebuah komputer dengan berat hanya 24 pound, display 52 kolom terangkum dalam layar sebesar 5 inci.

Komputer itu memiliki 2 disk Drive dan sebuah tabung pelindung. Felsenstein menyimpan informasi satu layar penuh didalam memori agar bisa memenuhi kebutuhan display berukuran kecil.

Komputer itu juga  diberi tombol tombol untuk memudahkan pengguna menggulung layar memori yang tampak pada display.

Pencapaian

Ketika hardware komputer ini selesai dibuat. Adam lalu menghubungi sejumlah pengembang software. Adam membuat perjanjian dengan mereka untuk menyediakan bahasa BASIC dan CBASIC, pengolah kata Wordstar, serta program pengolah data SuperCalc.

Dari hasil kolaborasi dengan penyedia softaware, akhirnya terwujudlah sebuah komputer portabel karya Osborne, yang kemudian dinamai dengan namanya, Osborne 1. Osborne 1 adalah komputer portabel pertama, beratnya 12 Kg.

Komputer ini dijual melalui perusahaan Osborne Computer Corporation milik Adam. Setiap bulan, Osborne 1 terjual hampir 10.000 ribu unit.

Bangkrut

Sayangnya, perusahaan Osborne bangkrut, kabarnya, karena kalah saing dengan dua perusahaan raksasa teknologi. Yaitu Apple yang meluncurkan komputer portabel model IIc dan IBM yang juga meluncurkan IBM PC Convertible di tahun 1986.

Meninggal

Adam Osborne meninggal dunia pada tanggal 25 Maret tahun 2003 di Kodiakanal India Selatan, setelah menderita penyakit otak cukup lama.

Penghargaan

Meski komputer karyanya kalah saing dan perusahaanya bangkrut. Namun Adam Osborne dikenang dunia sebagai tokoh yang pertamakali menemukan komputer portabel yang kita kenal sebagai laptop.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)