Keripik Jamur Dieng

Ary
0

 

                      Keripik jamur Dieng

DIENGKU-Kripik jamur dieng adalah salah satu kuliner khas wisata Dieng, banyak dijumpai di Wonosobo Jawa Tengah. 

 Tampilan warna keripik ini variatif, tergantung jenis dan bentuk jamur. Keripik jamur dieng bisa untuk oleh oleh saat plesiran ke Dieng. 

Bahan Utama

Umumnya, bahan utama keripik jamur dieng terbuat dari jamur merang  (volvaliera volvacea) yang dibudidaya di Dataran Tinggi Dieng.  Tapi ada juga yang dibuat dengan jenis jamur lainnya. 

Rasa 

Rasa keripik jamur gurih, asin, dan warnanya agak kehitaman. Keripik ini banyak dicari wisatawan saat main ke Dieng untuk oleh oleh. 

Keunikan

Keripik jamur dieng salah satu keunikanya adalah ditambahi telur, paru sapi, dan bumbu bumbu pelengkap. Selain gurih, juga banyak kandungan gizi. 

Cara bikin keripik dieng

Keripik jamur dieng juga bisa dibuat sendiri dirumah dengan langkah mudah. Untuk proses pembuatanya, dimulai dengan memotong tangkai jamur. Kemudian di 'suwir-suwir' kasar pada bagian payungnya, lalu ditaruh di nampan lebar. 

Untuk bumbunya, menggunakan garam, bawang putih halu, kaldu bubuk, merica, dan kaldu bubuk.  Setelah membuat bumbu, elanjutnya, lumuri jamur menggunakan bumbu tadi yang sudah dihaluskan.

Berikutnya campur tepung kanji dan tepung beras sampai rata, tabur ke atas jamur dan aduk aduk sampai tepung melekat sempurna pada jamur. Lalu sisihkan kurang lebih 15 menit, selesai.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)