Dieng Lengkap, 32 Spot Eksotis

Ary
0

 


Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Wisatawan luar negeri ke Dieng/Visit Dieng

Wisata Dieng selalu ramai pengunjung. Baik pengunjung lokal maupun luar negeri. Hal ini lantaran banyak sekali daya tarik di objek wisata ‘tanah para dewa’.

Lokasi Wisata Dieng

Pastinya kamu sudah tahu wisata Dieng dimana, yaitu di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Spot Wisata Dieng

Dataran tinggi Dieng atau tanah para dewa memang eksotis. Punya banyak spot wisata alam seperti kawah, telaga, bukit, pegunungan, candi, hingga budaya yang khas seperti Dieng Culture Fesitval dan beberapa lainnya.

Selain itu, ada beberapa wisata Dieng terbaru di Wonosobo, seperti wisata dieng Batu Angkruk dan beberapa lainnya.

Syarat Masuk Wisata Dieng 2022 saat ini masih suasana pandemi Covid-19, apakah wisata Dieng atau tutup?

Saat ini masih suasana pandemi Covid-19, apakah wisata Dieng atau tutup?Kawasan wisata Dieng tetap buka.

Adapun syarat masuk kawasan wisata Dieng adalah minimal sudah vaksin dan penerapan protokol kesehatan ketat. Untuk itu, selalu patuhi aturan ya saat berkunjung ke Dieng, supaya plesiran aman dan nyaman.

Okei, langsung saja ini dia daftar lengkap 32 wisata Dieng

Wisata Dieng Lengkap Terbaru 2022

1. Wisata Dieng Gardu Pandang Tieng

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Gardu Pandang Tieng/Brisik.id

Rekomendasi tempat wisata Dieng pertama, yaitu Gardu Pandang Tieng. Dari sini, kamu bisa merasakan langsung indahnya Desa Tieng yang ada di ketinggian 1.800 Meter dari permukaan laut.

Kamu bakal menyaksikan panorama alam berupa hamparan perkebunan sayur milik warga yang berundak undak. Jangan lupa pakai jaket ya karena udaranya lumayan dingin.

2. Wisata Dieng Kawah Candradimuka

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Kawah Candradimuka Dieng/KSMTour.com

Kedua, ada Kawah Candradimuka. Ini tak boleh kamu lewatkan saat mengungi Dieng. Kawah ini terbentuk dari adanya solfatara yang berasal dari rekahan tanah di Dataran Tinggi Dieng.

Kawah Candradimuka punya dua lubang rekahan aktif keluarkan solfatara. Di sekitar kawah pemandangan alamnya indah, terdapat pepohonan rindang dan bebatuan.
Harga tiket masuk kawah Candradimuka Rp.5000/ orang.

3. Bukit Sikunir, Wisata Dieng Paling Hits

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Bukit Sikunir Dieng/Putra Sikunir

Berikutnya ada Bukit Sikunir. Ini merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata Dieng yang harus kamu kunjungi ketika plesir ke Dieng.

Kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit dari puncak bukit Sikunir dan disini terkenal sebagai spot fotografi yang kece.

Obyek wisata Dieng yang berada di Desa Sembungan ini juga sekaligus desa paling tinggi di Pulau Jawa.

Menuju ke Sikunir, kamu harus mendaki bukitnya. Kalau ingin berburu momen sunrise, mendaki sebelum subuh. Udaranya dingin, jadi gunakan jaket.  Sesampainya di puncak, kamu akan melihat langsung indahnya suasana matahari terbit.

4. Wisata Dieng Telaga Warna

Telaga Warna Dieng/Daka Tour

Telaga Warna terletak di Kejajar Wonosobo. Traveler menjadikan telaga ini sebagai tujuan favorit ketika liburan ke Dieng.

5. Wisata Dieng Gunung Prau

Keunikan dari destinasi wisata di dataran tinggi Dieng ini yaitu warna air telaga yang bisa berubah ubah. Ini lantaran kandungan belerang di dalamnya. Sekitar telaga warna juga pemandanganya indah dan asri.

Gunung Prau Dieng/Travelingyuk.com

Rekomendasi tempat wisata Dieng selanjutnya ada gunung Prahu. Ini adalah spot pendakian utama di Dieng dan sangat hits.

Puncak gunung Perahu tingginya
2.565 mdpl, destinasi tempat wisata di Dieng ini menawarkan pemandangan alam asri dan indah dan udaranya sejuk.

Biasanya banyak yang menginap di puncak gunung Perahu. Kamu bisa menikmati momen matahari terbenam dan besoknya menyaksikan momen matahari terbit dari puncaknya.

6. Sikidang, Wisata Dieng Kawah Belerang

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Kawah Sikidang/Doylc Asia

Lokasi kawah Sikidang dekat dengan
obyek wisata Bukit Sikunir. Kawah ini adalah tempat wisata di Dieng yang menawarkan uniknya kawah belerang.

Jangan lupa pakai masker ya saat mengunjungi kawah Sikidang. Supaya terhindar dari gas beracun yang berasal dari belerang disini.

7. Candi Arjuna, Wisata Dieng Bersejarah

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Kompleks Candi Arjuna Dieng/Visit Dieng

Selain spot alam yang indah, tempat wisata Dieng juga kaya wisata budaya dan sejarah. Salah satunya Candi Arjuna yang berlokasi di Dieng Kulon Banjarnegara.

Candi Arjuna adalah candi peninggalan kuno kerajaan Mataram. Konon dulu merupakan tempat pemujaan Dewa Siwa.

Ada lima Candi di kompleks Candi Arjuna. Rerumputan dan tanaman asri mengelilingi area Candi, membuat pemandangan semakin indah.

8. Candi Gatot Kaca, Wisata Dieng Berkaitan dengan Ratu Sima

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Candi Gatot Kaca Dieng/Indonesia Kaya

Selain Candi Arjuna, rekomendasi tempat wisata di Dieng selanjutnya yaitu Candi Gatot Kaca. Konon, pembangunan Candi ini pada masa pemerintahan Ratu Sima.

Candi Gatot Kaca merupakan cagar budaya pemerintah provinsi Jawa Tengah. Sebetulnya ada beberapa Candi kuno lain di kompleks Candi Gator Kaca. Namun ada yang sudah tak bisa dipugar.

9. Wisata Dieng Telaga Merdada, Paling Luas di Dieng

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Telaga Merdada Dieng/Sikidang.com

Kompleks Telaga Merdada luasnya 21 hektar merupakan telaga paling luas di Dieng. Panorama alam di tempat wisata Dieng ini indah dan sejuk. Membentang diantara bukit Sumurup dan Pangonan.

Di sekitar telaga ada juga ladang pertanian warga berbentuk terasering sebab kondisi lahan miring. Mengunjungi Telaga Merdada membuat pikiran tenang.

10. Batu Pandang Ratapan Angin, Wisata Dieng Unik

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Batu Pandang Ratapan Angin/Jejakpiknik.com

Untuk melengkapi liburan ke Dieng, mampir juga ya ke Batu Pandang Ratapan Angin yang berada di ketinggian 2010 mdpl. Dari sini, kamu bisa menikmati indahnya tempat wisata alam di Dieng.

Ada yang unik disini, yaitu terdengar semacam suara siulan. Itu berasal dari hembusan angin yang menerpa pepohonan, lalu menghasilkan suara.

11. Wisata Dieng Gua Semar, Pertapaan Para Raja

Gua Semar Dieng/AuroraXa

Gua Semar ada di perbukitan. Ada diantara Telaga Pangilon dan Telaga Warna. Tempat wisata  di dieng ini merupakan pertapaan raja jawa dan pemimpin di masa lalu.

Tak cuma menyimpan suasana mistis, Gua Semae juga menawarkan panorama alam indah sekaligus misterius. Kamu bakal suka tempat ini.

12. Air Terjun Sikarim

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Air terjun Sikarim Dieng/Jejakpiknik.com

Ada beberapa air terjun di Dieng. Salah satunya curug Sikarim. Air terjun Sikarim menjadi salah satu destinasi wisata Dieng yang cukup unik.

Aie terjun Sikarim terletak di Sembalun Dieng, disekitarnya bukit bukit dengan pepohonan rindang. Aliran airnya jernih dan suasananya menenangkan. Cocok untuk menyegarkan pikiran.

13. Air Terjun Sirawe

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Air terjun Sirawe/KSMTout.com

Selain Sikarim, ada lagi air terjun namanya Sirawe. Curug ini mengir deras dari ketinggian 80 meter.

Disini tebingnya terjal dan sekeliling air terjun Sirawe adalah pepohonan yang asri. Sebuah wisata alam Dieng yang eksotis. Keunikan lainnya adalah fenomena oerpaduan aliran air panas dan air dingin alami di air terjun Sirawe.

14. Curug Winong

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Curug Winong Dieng/Jogja Day

Curug Winong terletak di Desa Temanggung.  Aliran air curug ini mengalir deras di kemiringan tebing sekitar 70 derajat dari ketinggian sekitar 70 meter.

Tempat wisata di Dieng satu ini merupakan tujuan wisata favorit. Di Curug Winong selain menikmati keindahan aie terjun, juga terdapat banyak spot foto keren.

15. Museum Kailasa

Neajurnal 32 Tempat Wisata Dieng, Terbaru, Terlengkap dan Paling Hits
Museum Kailasa Dieng/IndonesiaKaya.com

Wisata ke Dieng sekalian belajar sejarah di Museum Kailasa. Museum ini dekat kompleks Candi Arjuna, menyimpan banyak koleksi. Ada  beberapa artefak dari Candi Kuno, termasuk arca dan benda sejarah lainnya.

Museum ini juga menyimpan informasi sejarah asal usul terbentuknya dataran tinggi Dieng, hingga informasi seni dan budaya Dieng yang masih lestari hingga kini.

16. Petak 9 Dieng

Rekomendasi tempat wisata di Dieng lainnya ada Petak 9 Dieng atau nama lainnya bukit Sidengkeng. Sedangkan Petak 10 untuk menyebut nama pemetaan bukit Sikunir.

Petak 9 Dieng ini sama halnya dengan bukit Sikunir. Disini, bisa menikmati keindahan alam Dieng dari ketinggian. Bahkan bisa lebih jelas melihat objek wisata Telaga Warna.

17. Lubang Sewu

Berikutnya ada Lubang Sewu. Tempat wisata Dieng satu ini juga perlu kamu kunjungi saat liburan ke Dieng. Lubang Sewu terbentuk dari formasi bebatuan putih, teksturnya berlubang-lubang.

Orang orang menjulukinga Grand Canyon Mini di Wonosobo. Saat musim hujan bebatuan itu terendam aoe bendunhan Wadaslintang. Tapi kamj bisa melihat indahnya pemandangan bebatuan itu saat air surut.

18. Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater adalah tempat wisata di Dieng untuk kamu nonton pemutaran film dokumenter seputar Dieng Plateu.  Bangunan Dieng Platau lumayan megah di Dieng. Menjadi destinasi wisata edukasi Dieng yang menarik.

19. Sumur Jatulanda

Menuju sumur Jalatunda di Desa Pekasiran ini, kamu mendaki 257 anak tangga. Sumur ini tak biasa, ukuranha berdiameter 90 meter dan kedalamannya 200 meter.  Salah satu destinasi wisata di Dieng yang tak boleh kamu lewatkan ketika bertandang ke Dieng.

20. Telaga Cebong

Rekomendasi tempat wisata di Dieng lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Telaga Cebong yang terletak di Desa Sembungan, dekat bukit Sikunir.

Ketinggian Telaga Cebong 2.300 meter diatas permukaan laut. Maka tak heran Telaga Cebong dijuluki Telaga di Atas Awan.

Telaga di Dieng satu ini menawarkan panorama alam memukau. Terlebih ada perkebunan warga setempat membuat pemandanganya semakin asri.

21. Bukit Scooter, Wisata Dieng Terbaru

Wisata Dieng terbaru  ini bernama Bukir Scooter, terletak di Desa Dieng Kulon Batur Banjarnegara.

Buka pada tahun 2016 dan kini mulai ramai pengunjung. Daya tarik utamanya adalah panorama alam diatas bukit dengan ketinggian 2.200 Mdpl.

Diatas puncaknya, kamu bisa menikmati momen sunrise dan sunset yang cantik. Bukit scooter juga sudah ada gezebo gazebo untuk bersantai sambil menikmati suasana alam dieng yang indah nan sejuk. Kamu juga bisa nginep disini saat cuaca cerah. Bisa melihat langit bertabur bintang.

22. Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih adalah lokasi wisata Dieng terbaru Wonosobo dan  hits. Baru buka tahun 2016 lalu. Lokasinya di Desa Dieng Kecamatan Kejajar Wonosobo.

Lokasinya dekat dengam Batu Ratapan Angim, di sebelah timurnya. Jembatan ini membentang dari tebing ke tebing. Viewnya instagramable berlatar pemandangan alam Dieng eksotis.

23. D’Qiano Hot Spring Water Park

DQiano Hot Spring Water Park adalah wisata yang cocok untuk keluarga. Menawarkan spot kolam renang dieng lengkap. Lokasinya di bagian barat Kawah Sileri. Di Desa Kepakisan Batur.

Daya tarik utamanya yaitu kolam renang air panas, kolam renang anak, kolam renang terapi, kolam arus dan kolam renang semi olympic.

Selain itu, juga tersedia seperti Flying Fox, jembatan tali, spider web, mandi bola, halang rintang, gokart, mini trail, kolam pencing, paintball, gantole, kereta mini dan juga mini castle.

Fasilitas lainya ada rumah makan, area parkir, tempat ibadah, kios souvenir dam klik kesehatan.

24. Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar Dieng berlokasi di
kawasan pegunungan Dieng. Merupakan sumber air yang bersumber dari Gunung Prahu dan hulu Sungai Serayu. lokasinya di Dieng, Kejajar, Wonosobo.

Konon,tokoh wayang Bimo melepas (melukar) pakaian untuk disucikam di mata air ini. Cerita yang beredar di masyarakat, siapa saja yang cuci muka di mata air ini bakal awet muda.

25. Telaga Menjer

Telaga Menjer ada di ketinggian 1200 mdpl. Ini adalah telaga yang sumber airnya berasal dari hujan dan sejumlah mata air disekitarnya.

Lantaran debit air memadai, PLTA juga memanfaatkannya untuk memasok keperluan listrik untuk warga sekitar.

Panorama alam Telaga Menjer eksotis.
Ada barisan perbukitan cantik dan kokoh dengan banyak pohon pohon rindang. Telaga Menjer terletak di Kuripan Karung, Wonosobo.

26. Bukit Seroja

Bukit Seroja adalah wisata di sekitar Dieng, lokasinya dekat bukit Sikunir. Tepatnya di Perbatasan Desa Maron dan Desa Tlogo, Garung, Wonosobo.

Diatas puncak bukit, bisa menikmati pemandangan indah Telaga Menjer dengan lebih jelas. Juga bisa melihat pemandangan gunung Kembang dan Sindoeo dari sini serta tempat bernjru sunrise dan sunset.

27. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon adalah  danau atau telaga di Dataran Tinggi Dieng. Disebut juga telaga kembar bersama telaga warna. Kata pengilon atau ngilo sendiri dari bahasa Jawa artinya bercermin.

Lokasinya Telaga Pengilon ada di Dieng, Kejajar, Wonosobo.Telaga ini terbantuk  dari kaldera kawah purba ribuan tahun lalu. Lokasinya di sebelah Telaga Warna.

Air telaga Pengilon jernih tak mengandung belerang, berbeda dari telaga warna yang lebih kelihatan warna hijau kebiruan. Suasana disekitar cukup asri dan sejuk.

Harga tiket masuk Telaga Pengilon  Rp.10.000/orang. Buka setiap hari jam 6 lagi sampai jam 6 malam. Sudah tersedia fasilitas seperti toilet, Musala, warung kecil, area kemping.

28. Telaga Warna

Telaga Warna Dieng bersebelahan dengan Telaga Pengilon. Lokasinya di
di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Telaga Warna merupakan salah satu tempat wisata di Dieng yang eksotis. Konin air danau bisa berubah warna.  Pemandangan sekitarnya juga indah dan sejuk.

Buka jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Harga tiket masuk telaga warna 116.000 ribu/orang untuk wisatawan asing di hari biasa dan akhir pekan Rp.163.000.

Kemudian untuk pengunjung lokal Rp.21.000/orang. Anak anak umur diatas 5 tahun wajib beli satu tiket.

Fasilitas yang tersedia, tempat parkir kendaraan, toiler umum, warung warung makan, Musala, Gazebo, spot foto.

Wisata di sekitar Telaga Warna ada Batu Tulis, Gua Jaran, Goa Semar, Goa Pengantin  Taman Bunga, dan Goa Sumur Eyang Kumalasari.

28. Wisata Dieng Terbaru Bosweisen

Satu lagi daftar wisata Dieng terbaru yaitu bernama Bosweisen. Lokasinya di Dukuh Buntu Desa Bakal Kecamatan Batur.  Saat ini masih dalam pengembangan.

Tempat ini punya spot menarik dengan area luas, sekitar 50 hektar. Nantinya bisa untuk agrowisata kebun stroberi dan kopi. Juga ada sumber air panas untuk wisata pemandian.

Wisata Dieng Bosweisen ini menjadi salah satu objek wisata dieng Banjarnegara terbaru yang menawarkan keindahan alam khas dataran Tinggi Dieng.

29. Wisata Batu Angkruk

Obyek wisata terbaru dan hits di Dieng ini belakangan ramai pengunjung. Ada teras kaca dan spot foto keren tak biasa disini.

Di kawasan Wisata Batu Angkruk Dieng
bisa menyaksikan pemandangan gunung Sindoro dan Sumbing yang eksotis.

Wisata Batu Angkruk terletak di Tambi Kecamatan Kdjajar Wonosobo. Buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore.

30. D’Tieng Garden Bukit Angkruk

D’tieng Garden Bukit Angkruk adalah salah satu tempat wisata Dieng terbaru
Wonosobo yang hits. Berupa taman bunga cantik. Wisata Garden Bukit Angkruk cocok untuk liburan bareng anak dan keluarga. Disini tersedia 15 spot foto keren dan instagramable.

Harga tiket masuk D’Tieng Garden Bukit Angkruk Rp.15.000/orang. Fasilitasnya terbilang lengkap serta akses jalanya gampang.

31. Kawah Sileri

Kawah Sileri adalah tempat piknik di Dieng yang mungkin jarang diketahui. Tapi suasananya sangat indah. Ada beberapa wahana seru disini dan sangat instagramable.

Kawah sileri berlokasi di Kepakisan Batur, Banjarnegara.  Buka setiap hari pukul 7 pagi hingga  5 sore.

Beberapa fasilitas yang tersedia yaitu
Area parkir, toilet, gazebo, kios oleh oleh, spot foto dan warung makan.

32. Padang Savana, Panorama alam Wisata dieng Menakjubkan

Padang Savana Dieng belakangan hits lantaran menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Hamparan padang rumput hijau dan berlatar pandnahan pegunungan yang indah luar biasa.

Disini kamu bisa camping atau sekedar menikmati suasana dan hunting foto instagramable.  Lokasinya di Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Buka setiap hari (pukul 7 pagi hingga 5 sore). Untuk camping buka tiap hari 24 jam.

Fasilitas Padang Savana Dieng meliputi
area parkir luas, warung Makan, warung logistik, Basecamp pendakian,
Toilet, Mushola, Camping Area dan
Pos pendakian.

Nah itulah tadi daftar 32 wisata Dieng Jawa Tengah. Kapan rencana mau kesana?

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)