Wisata Kota Semarang

Ary
0


Semarang, Jantungnya Jawa Tengah

Terletak di jantung Jawa Tengah, Semarang adalah kota yang tepat bagi siapa saja yang ingin menjelajahi kota dengan sejarah multikultural dan warisan budaya yang beragam. Ini juga merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan menawarkan banyak rencana perjalanan yang menarik untuk dikunjungi. Seperti halnya Venesia di Italia, Semarang memiliki banyak sungai di tengah kotanya. 

Oleh karena itu, Belanda menyebutnya kotanya Venezia Van Java atau Venezia di Jawa. Kota ini juga dikenal sebagai Kotarumpia atau Kota Lumpia. Lumpia adalah salah Jajanan yang lahir dari akulturasi dua budaya, Jawa dan Cina, ini merupakan makanan khas Semarang. Semarang, salah satu kota terbesar di Indonesia, tidak akan ditinggalkan oleh wisatawan di seluruh dunia. Lihat detail alasannya.

Sejarah Semarang 
Pada abad kelima belas, utusan kaisar Cina Zheng He, dalam kasus lain disebut Laksamana Cheng Ho, menginjakkan kaki di Jawa. Sejak abad ketujuh belas dan seterusnya, Semarang telah menjadi gudang rempah-rempah, serta pelabuhan yang ramai untuk penumpang dan penumpang sementara perjalanan dilakukan terutama melalui laut. Kota Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah, terletak persis di tengah pesisir utara pulau Jawa yang subur dan padat penduduk. Peran strategis Semarang ini telah menjadikan kota ini sebagai tempat peleburan budaya Cina, Arab India, dan Eropa.  

Apa yang harus Dilakukan?

 Dengan banyaknya negara yang berlayar ke Semarang pada masa itu, tak heran kita bisa merasakan suasana peninggalan zaman dulu yang memesona di sekitar kota. Bangunan-bangunan ini juga dipengaruhi oleh gaya arsitektur Eropa dan juga gaya arsitektur Cina kuno.
Berikut daftar yang wajib kamu singgahi saat berkunjung ke Semarang;


1. Gereja Blenduk yang Ikonik Landmark paling terkenal untuk dilihat di sini adalah Koepelkerk, sebuah gereja bergaya Pantheon, yang secara lokal dikenal sebagai Gereja Blenduk, sebuah gereja Belanda berkubah tembaga yang berasal dari tahun 1753.

 2. Brown Canyon

wisata lain yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda mengunjungi Semarang adalah Brown Canyon yang terletak di Rowosari. Landmark ini menampilkan tebing berpasir coklat yang megah dengan tanaman hijau yang tersebar di seluruh area. Pemandangan panorama Brown Canyon telah menarik perhatian para fotografer profesional dan amatir karena menawarkan nuansa yang mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Meskipun awalnya dibuat untuk pertambangan, situs ini telah terkikis secara alami selama bertahun-tahun, menciptakan struktur yang unik. Bagi yang tertarik mengunjungi situs ini sebaiknya mempertimbangkan untuk menjelajah selama akhir pekan, karena akan dipenuhi pekerja pada hari kerja.

3. Sejarah Lawang Sewu 

Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan bersejarah di Semarang. Lawang sewu berasal dari bahasa jawa yang artinya membangun seribu pintu. Pada masa kolonial, gedung ini digunakan sebagai markas Perusahaan Kereta Api Hindia Timur Belanda. Banyak orang percaya bahwa bangunan ini angker dan sering dikunjungi oleh para pemburu hantu.

 4. Kompleks Klenteng Sam Poo Kong

 Sam Poo Kong merupakan destinasi bersejarah yang dibangun untuk mengenang Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah muslim yang berasal dari China. Klenteng ini dibangun pada abad ke-15 dan ditandai sebagai Klenteng Cina tertua di Simongan, Semarang. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi candi ini adalah pada bulan keenam penanggalan lunar. Saat itu akan diadakan festival untuk memperingati kedatangan Laksamana Zheng He di Semarang. Salah satu acara yang paling dinanti adalah saat masyarakat mengarak patung Cheng Ho dari Kelenteng Tay Kak Sie hingga Sam Poo Kong. Juga, selama hari-hari baik dalam kalender lunar atau pertanda sejarah dalam sejarah Zheng He, festival dan perayaan akan diadakan di depan halaman kuil.

5. Semawis Pasar Malam

  Kawasan ini juga stand pasar malam ini juga terkenal dengan Pecinan Semarang. Berlokasi di Gang Warung, Semarang, pasar malam ini menjual berbagai macam makanan dan minuman khas Indonesia dan China yang menggugah selera. Kawasan yang juga dikenal oleh penduduk setempat sebagai Waroeng Semawis ini didirikan pada tahun 2004 untuk memperingati 600 tahun ekspedisi pertama Cheng Ho ke Semarang. 

Bisa dibilang pasar malam ini adalah surganya kuliner jalanan karena dipenuhi oleh pedagang kaki lima berupa sate, nasi goreng, sup, mie, makanan penutup dan Anda mungkin dapat menemukan makanan khas Semarang seperti Pisang Plenet dan Lumpia.

 6. Jajan Ikonik Semarang 

 Semarang adalah salah satu kota di mana Anda dapat memenuhi keinginan Anda untuk makanan khas enak yang akan membuat Anda ingin menggali lebih dan lebih. Salah satunya ada di Pusat Kuliner Pasar Semawis di Gang Warung. Sebagian besar makanan di sini berbeda karena banyak jajan tradisional. 

Transportasi 

Berkeliling Di Semarang ada taksi. Bus kecil adalah pemandangan yang terlihat melalui strategi kota. Mereka pergi ke berbagai bagian kota. Anda mungkin ingin bertanya kepada penduduk setempat sebelum naik salah satu bus kota tersebut. Becak adalah pilihan yang menyenangkan untuk merasakan semilir angin di Semarang sambil menikmati pemandangan kota. Ketika Anda mengunjungi Kota Tua besok, naiklah salah satu becak itu dan nikmati perjalanan yang santai.

Rute 

Semarang dapat diakses melalui jalur udara dan darat. Lokasinya yang strategis tidak membuatnya sulit untuk sampai ke sana. Banyak maskapai penerbangan domestik terbang dari Jakarta dan Surabaya ke Semarang. Dari Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, sekitar 1 jam ke Bandara Semarang dan dari Surabaya ke Semarang, perkiraan waktu penerbangan adalah 1 jam 10 menit. Kereta tersedia dari Jakarta, Bandung, Surabaya dan Malang, serta bus dan mobil sewaan. 

Jika Anda pergi ke Yogyakarta dan Solo, bus tersedia. Jika memilih perjalanan dengan bus dari Jakarta ke Semarang akan memakan waktu sekitar 6-12 jam, tergantung dari operator bus itu sendiri. Namun, jika Anda bepergian dari Yogyakarta, akan memakan waktu sekitar 3-4 jam untuk sampai di Semarang. Stasiun kereta api di Semarang bernama Stasiun Tawang, letaknya persis di sebelah utara Kota Lama.

 Terminal bus berada di Terboyo, yang melayani bus antar kota. Jika Anda menempuh perjalanan dari Jakarta dengan kereta api ke Semarang, akan memakan waktu sekitar 5 jam untuk tiba dan dari Yogyakarta ke Semarang lama perjalanan kereta api adalah sekitar 3 jam 33 menit. Kapal pesiar berangkat atau mengunjungi Semarang dari pelabuhan Tanjung Emas. Naik kapal pesiar adalah cara yang bagus untuk mengagumi pemandangan Jawa Tengah dengan santai. 

Kapal-kapal internasional juga singgah di Semarang dan menggunakannya sebagai basis untuk mengunjungi beberapa objek wisata di kawasan tersebut, antara lain Borobudur dan Prambanan. Nih, panduan lengkap liburan kamu selanjutnya di Semarang. Anda dapat mempelajari lebih banyak atraksi di sini yang tidak akan Anda lewatkan di Semarang.


Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)