Cara Asuransi Mobil 2022

Ary
0


Ilistrasi asuransi mobil

Anda tentu tidak ingin terjadi hal hal buruk pada harta berharga seperti mobil. Namun tidak bisa dipungkiri, yang namanya kendaraan memang cukup rentan.

Entah menjadi rusak karena umur sudah tua, hilang karena dicuri atau kecelakaan akibat kelalaian kendaraan.
Meski kita tidak menginginkan kerugian ini menimpa kendaraan kita. Namun mengantisipasinya adalah cara yang bijak. Bagaimana caranya?

Salah satunya dengan mengasuransikanya ke perusahaan jasa asuransi. Hal ini akan membuat mobil dan barang barang berharga anda terlindungi dengan baik. Tentunya anda harus mengeluarkan biaya agar kendaraan anda mendapatkan jaminan asuransi dari perusahaan.

Tapi, apakah anda sudah mengasurasikan mobil anda ? Kalau anda akan mengasuransikan mobil dan ingin mengetahui biaya polisnya, anda harus cermat. Pilihlah yang murah mengingat banyak sekali penyedia jasa asuransi kendaraan dengan beragam harga.

Penting untuk memilih jasa asuransi yang pas untuk mobil anda sehingga anda tidak rugi. Dan sebelum memutuskan memilih jasa asuransi, anda perlu memahami polis asuransi.
Pastinya,setiap jasa asuransi menyediakan berbagai jenis polis, salah satunya polis asuransi mobil.

Nah berikut ini hal hal yang perlu anda ketahui tentang polis asuransi mobil 2022, sehingga nantinya bisa memilih jenis asuransi yang tepat.

Apa itu Polis Asuransi Mobil?
Adalah sebuah perjanjian/kesepakatan antara pihak klien & perusahaan asuransi. Keduanya mengadakan perjanjian mengenai perlindungan mobil dan perjanjian terkait penanganan risiko mobil yang diasuransikan. inilah yang dinamakan Polis asuransi mobil.

Sederhananya, polis asuransi mobil juga biasa dissbut surat perjanjian asuransi antara anda sebagai klien dan perusahaan sebagai pemberi layanan asuransi.

Berikut ini hal yang harus anda ketahui lebih lanjut mengenai polis asuransi mobil.

• Dalam polis asuransi mobil, ada yang namanya pemilik polis atau data tertanggung. data ini memuat nama serta alamat tertanggung, nomor polis, dan jangka waktu asuransi (periode pertanggungan).

• Terdapat pula jenis/tipe perlindungan asuransi di dalam polis asuransi mobil. yaitu jenis komperhensif atau asuransu TLO (Total Loss Only). Perlu diketahui juga ada risiko mandiri, ini adalah nominal yangb harus dibayar klien/kejadian saat klaim.

• Kemudian, ada juga data mobil/spesifikasi mobil. data ini penting dalam polis asuransi mobil guna menentukan kecil besarnya harga premi yang diajukan perusahaan asuransi.

• Kesepakatan harga premi. Dalam polis asuransi mobil, tujuan kesepakatan ini untuk menerangkan biaya pasti yang harus dibayar klien ke perusahaan asuransi (bayar premi asuransi).

• Dalam polis asuransi mobil perlu juga diketahui tidak semua risiko kerusakan mobil bisa ditanggung seluruhnya oleh pihak perusahaan.

Nah itulah hal hal yang ada dalam polis asuransi mobil yang harus diketahui. Maka dari itu, sebaiknya sebelum mengajukan asuransi ketahui lebih dulu informasi selengkap lengkapnya mengenai jenis jenis asuransi mobil dan detail terkait lainya agar anda tidak salah memilih.

Anda bisa bertanya langsung ke pihak perusahaan asuransi mengenai paket asuransi yang ditawarkan, biaya dan layanan yang nantinya akan anda dapatkan sebagai klien.

Dua Tipe Perlindungan Asuransi Mobil

Umumnya, perusahaan asuransi menawarkan dua skema asuransi mobil yaitu :

Skema perlindungan seluruh risiko (All Risk). Skema ini artinya perusahaan asuransi menjamin semua jenis kerusakan mobil yang diasuransikan. Baik rusak ringan, berat maupun mobil hilang.

Skema Total Loss Only (TLO). Pada skema ini perusahaan asuransi memberi proteksi kerusakan sebesar 75 persen dari total harga mobil yang diasuransikan.

Fitur/Fasilitas asuransi Mobil
Adapun fitur/ fasilitas yang didapatkan ketika mengasuransikan mobil biasanya klien memperoleh beberapa hal berikut :
• Jaringan bengkel luas, hingga seluruh wilayah Indonesia.
• Gratis derek
• Sistem pembayaran premi full.
• Untuk asuransi dengan skema All Risk, umur maksimal mobil 10 tahun. Sedangkan skema asuransi TLO umur maksimal mobil 15 tahun.
• Persyaratan Dokumen Asuransi Mobil
• KTP pemilik mobil
• Data mobil mencakup nomor polisi, mesin dan rangka.
• Foto mobil tampak belakang, depan, kanan, kiri, ban cadangan dan dashboard. sebanyak 6 foto.
Nah itulah tadi informasi mengenai polis asuransi mobil yang perlu diketahui. Anda bisa memilih perusahaan jasa asuransi seseuai kebutuhan anda dan jangan lupa pastikan anda mengetahui jenis jenis asuransi dan fasilitas yang ditawarkan, sehingga tidak salah pilih jenis asuransi.

Manfaat Asuransi Mobil

Mobil terlindungi. Bila rusak ringan, anda segera dapatkan penanganan dari bengkel dan penyedia sparepart mitra perusahaan.

Jika mobil hilang karena dicuri, anda akan diberi ganti biaya oleh perusahaan asuransi, tergantung jenis asuransi yang anda pilih.

Jika mobil rusak parah, perusahaan asuransi juga akan bertanggung jawab sesuai skema asuransi yang anda pilih. Ada yang mengganti total biaya perbaikan, ada yang tidak.

Beberapa perusahaan asuransi mobil menanggung jaminan asuransi kecelakaan (diri dan penumpang). Menjamin risiko cidera, biaya pengobatan biaya hingga asuransi kematian akibat kecelakaan mobil tersebut.

Jika mobil anda rusak akibat tindakan lalai pihak ketiga saat berkendara dijalan, anda juga akan mendapatkan kepastian hukum dari pihak ketiga tersebut baik harta benda, biaya pengobatan hingga asuransi kematian akibat kelalaian pihak ketiga. Perusahaan asuransi akan membantu.

Manfaat lain asuransi adalah proses mendaftar mudah. Bisa lewat online, waktu pengurusanya juga relatif lebih cepat. Biaya yang ditawarkan perusahaan asuransi beragam tergantung jenis asuransi yang anda pilih. Manfaat lainya adalah cara mengklaimnya juga gampang, waktunya cepat sehingga bisa anda andalkan jika sewaktu waktu anda membutuhkanya.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)