Biografi Luis Arce, Presiden Bolivia

Ary
0

Ia resmi menjabat sebagai Presiden Bolivia ke-67 sejak 8 November 2020.Dikutip dari Wikipedia, ia sebelumnya menjabat Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi sejak 2006 hingga 2017.

Dia memegang posisi yang sama pada 2019 selama pemerintahan Evo Morales.  Arce dikenal sebagai anggota Partai Gerakan Sosialis (MAS-IPSP).

Pria berusia 58 tahun itu menghabiskan masa kecilnya di La Paz, di lingkungan kelas menengah. Dan lulus dari Lembaga Pendidikan Perbankan La Paz sebagai akuntan pada tahun 1984.

Ia kemudian meraih gelar sarjana ekonomi dari University of San Andres dan University of Warwick di Inggris. Arce menghabiskan sebagian besar tahun 1990-an sebagai perwira umum dalam berbagai peran.

  Selain itu, ia juga mengajar ekonomi di berbagai universitas.  Karirnya dimulai pada tahun 2006 ketika ia diangkat menjadi Menteri Keuangan oleh Presiden Evo Morales yang baru terpilih.

Arce menyaksikan periode pertumbuhan ekonomi di Bolivia dan mendapatkan reputasi sebagai teknokrat sebagai anggota MAS.

Arce dinominasikan sebagai presiden Partai Gerakan Sosialis dalam pemilihan umum Bolivia 2020. Dan dia memenangkannya dengan 55,1% suara di putaran pertama. (PANJI).

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)