Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

Ary
0

Betapa pentingnya memiliki asuransi mobil karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Dalam kondisi seperti ini, biasanya akan ada tuntutan timbal balik antara yang menabrak dan ditabrak.

Berbeda jika setiap kendaraan sudah memiliki polis asuransi kendaraan bermotor dengan jaminan All Risk, maka tidak perlu saling menggugat lagi. Semua bisa diselesaikan ke masing-masing perusahaan asuransi dengan sistem knock for knock agreement.

Berikut cara klaim asuransi kecelakaan mobil

Meski masih dalam masa kredit, mobil tetap bisa mendapatkan klaim asuransi jika terjadi kerusakan. Berikut cara mengklaimnya:

Laporkan bila terjadi kerusakan

Selama masa kredit, ada kemungkinan kerusakan atau lecet pada mobil. Hanya saja, tidak perlu khawatir karena klaim asuransi bisa dilakukan selama mobil masih dalam kondisi kredit.

Bagi pemilik mobil kredit yang ingin mengajukan klaim bisa langsung melapor ke perusahaan asuransi jika terjadi kerusakan. Ceritakan kronologis kejadian dan jangan lupa untuk mengambil foto bagian mobil yang rusak sebagai bukti penyerahan.

Siapkan dokumen yang diperlukan

Jika sudah melapor, pastikan menyiapkan dokumen sesuai syarat dan aturan klaim asuransi dari perusahaan penerbit. Beberapa dokumen yang dibutuhkan yakni STNK, polis asuransi kendaraan, fotokopi SIM, dan surat keterangan dari kepolisian bahwa kerusakan mobil di atas 70 persen.

Kemudian, masukkan semua dokumen ke dalam folder dan bawa saat memeriksa persyaratan klaim di kantor asuransi. Pastikan jangka waktu klaim sesuai dengan panjang kontrak pada polis asuransi mobil.

Ajukan klaim secara digital

Untuk mempermudah klaim asuransi kecelakaan mobil kredit, proses pengajuannya bisa dilakukan secara online. Untuk mendaftar, Anda hanya perlu login ke aplikasi yang telah disediakan lalu mengisi formulir klaim. Jangan lupa untuk mengunggah foto kerusakan mobil sebagai bukti pengajuan klaim.

Pantau kemajuan pengajuan klaim

Setelah proses pengajuan berhasil, pantau perkembangan pengajuan klaim melalui aplikasi yang disediakan oleh pihak asuransi. Dengan begitu, pemohon tidak perlu bolak-balik ke kantor asuransi. Bisa saja klaim asuransi mobil digital lebih butuh waktu lama.

Datang langsung ke kantor asuransi
 Jika pengajuan klaim dalam aplikasi belum diproses atau gagal, satu-satunya cara adalah pergi ke kantor asuransi langsung dengan dokumen lengkap.

Ketika klaim berhasil diterima, proses penjemputan mobil akan segera dilakukan untuk perbaikan. Biasanya proses klaim asuransi dan pengerjaan bengkel hanya memakan waktu tiga sampai lima hari.

Cara klaim asuransi kecelakaan mobil all-risk

Lampirkan foto klaim kerusakan kendaraan

Pertama, catat kerusakan sekecil apa pun pada mobil. Dalam hal ini, harap segera laporkan ke perusahaan asuransi, termasuk beberapa foto bukti klaim Anda atas kerusakan.

Ingatlah untuk menyiapkan beberapa dokumentasi saat memberikan bukti kerusakan. Dokumen yang diperlukan antara lain STNK, SIM, polis asuransi, dan surat keterangan dari polisi bahwa mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan.

Jika Anda berada di luar kota, harap hubungi agen asuransi Anda

Klaim asuransi mobil all risk tidak harus dilakukan di kota tempat Anda mengajukan asuransi. Ini karena Anda dapat mengajukan klaim meskipun Anda berada di luar kota. Satu-satunya rahasia adalah menghubungi agen asuransi Anda dan memberi tahu mereka bagaimana mobil Anda rusak dalam urutan kronologis.

Mengisi formulir klaim asuransi

Jika Anda telah menerima rekomendasi bengkel klaim, Anda dapat mengisi formulir yang disediakan. Pastikan untuk membawa persyaratan klaim mobil yang diperlukan.

Workshop kemudian melanjutkan proses pengajuan klaim ke agen asuransi. Jika klaim asuransi kecelakaan mobil diterima, bengkel biasanya akan segera memperbaiki mobil atas segala kerusakan yang terjadi.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)