Rumah Adat Gadang

Ary
0
                    Nyero.id

Rumah Gadang adalah salah satu rumah adat yang ada di Pulau Sumatera, tepatnya ada di wilayah Sumatera Barat. Nah nerikut ini sedikit informasi mengenai rumah Gadang. 

 Rumah Gadang Padang

Rumah gadang ini umum di setiap sudut Sumatera bagian barat, namun tidak semua daerah memiliki status budaya yang sama dengan rumagadang. Rumah Gadang ini hanya bisa dibangun di kawasan yang sudah ada di Nagari. Demikian pula di daerah yang disebut Lantaw ini, rumah adat ini tidak dibangun oleh perantau Manangkabau.

Dalam pelaksanaannya, rumah Gadang dibagi menjadi beberapa bagian tergantung pada jumlah perempuan yang tinggal di sana. Setiap wanita di suku dengan suaminya mendapat kamar. Sementara itu, wanita tua dan anak-anaknya mengambil tempat di sebuah kamar dekat dapur. Gadis remaja menemukan ruang bersama di sisi lain.

Desain rumah Gadang diadopsi oleh dua kelompok adat manangababa. Kelompok pertama menganut prinsip pemerintahan hierarkis dengan menggunakan platform berbasis kruk. Kelompok pejuang kedua tampak melayang di udara.

Tidak jauh dari Kompleks Rumah Gadang terdapat batang kayu yang secara tradisional merupakan tempat peribadatan, tempat peribadatan, dan rumah bagi orang dewasa yang belum menikah. 

Nah itulah informasi tentang rumah adat gadang, yang terletak di Padang  tepatnya di Sumatera Barat. Rumah adat ini masih lestari hingga saat ini.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)