Rumah Adat Bengkulu

Ary
0

Hampir setiap wilayah di tanah air Indonesia memiliki budaya yang khas, yang tercermin pada hasil kebudayaan orisinal. Seperti tarian, tradis,i hingga rumah rumah adat. Begitu juga di Bengkulu, memiliki rumah adat bernama Bubungan Lima. 

Rumah adat atau rumah tradisional Bengkulu adalah sebuah rumah adat di pulau sumatera yakni di bengkulu. disebut  sebagai rumah adat Bubungan Lima  yang terkenal dengan keunikannya. Rumah ini punya filosofi yang kuat. 

Salah satu ciri rumah adat di Bubungun Lima adalah bentuk atapnya seperti gunung.  Selain atapnya yang unik, Rumah Bungung Lima memiliki pilar-pilar yang menopang badan rumah. Ada 15 tiang dengan tinggi sekitar 1,8m. Rumah ini memiliki banyak standar sehingga dapat menahan gempa. Perbedaan lain di rumah ini adalah tangga. Tangga di Rumah Bubungan Lima adalah nomor langka yang dikaitkan dengan kepercayaan budaya lokal.


Rumah adat ini memiliki tempat khusus untuk upacara adat seperti pernikahan, ulang tahun, silaturahmi, dan kematian. Di bawahnya terdapat tempat penyimpanan gerobak, hasil panen, ternak, alat pertanian, kayu bakar dan lainnya. Rumah adat Bengkulu, Bubungrima, memiliki nama yang berbeda. Oleh karena itu, dinamai sesuai ketinggian atau ketinggiannya.

Itulah tadi informasi tentang rumah adat Bengkulu, sampai sekarang rumah adat Bubungan Lima di Bengkulu masih dilestarikan, namun keberedaanya harus dilestarikan supaya tidak musnah tergerus zaman.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)