10 Negara Terindah di Dunia, Indonesia Termasuk?

Ary
0

 

10 Negara Paling Indah di Dunia, Indonesia termasuk? 

Bicara mengenai keindahan alam,  situs money.co.uk merilis sebuah daftar negara-negara terindah di dunia. Dalam uraian di situs tersebut, masing-masing negara di analisis berdasarkan 7 faktor penilaian, yaitu gunung berapi, pegunungan, terumbu karang, kawasan lindung, garis pantai, hutan hujan dan gletser.

 Setiap faktor ini kemudian dihitung per 100.000 kilometer persegi menggunakan angka luas lahan yang bersumber dari bank dunia. Informasi tersebut lalu diberi skor normal 10 untuk setiap faktor, sebelum kemudian diambil skor rata-ratanya. Dan berikut ini adalah 10 daftar negara terindah di dunia, seperti yang dikutip dari situs money.co.uk, apakah indonesia termasuk salah satu didalamnya? 

10.Komoro, Afrika 

Peringkat ke-10, negara terindah di dunia ditempati oleh negara komoro dari benua afrika dengan skor nilai sebesar 6,22. Komoro adalah sebuah negara kepulauan yang terletak samudera hindia di lepas pantai afrika timur.

 Pulau-pulau vulkanik di komoro dikenal memiliki pemandangan yang indah, pulau-pulau ini bahkan mendapat julukan sebagai perfumed islands terutama karena wilayahnya banyak ditumbuhi oleh tanaman ylang-ylang atau bunga kenanga. 

Negara ini memiliki potensi pariwisata yang besar, namun pergolakan politik yang terjadi selama3 dekade terakhir, ditambah dengan kurangnya infrastruktur yang memadai, menjadi salah satu penyebab utama kurang berkembangnya ekonomi di negara ini. 

9. Papua Nugini

Kemudian pada peringkat ke-9, negara terindah di dunia ditempati oleh negara papua nugini dengan skor nilai sebesar 6,39. Papua nugini memiliki bentang alam yang sangat beragam, dari pegunungan, hutan, dan laut. 

Negara Ini adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang menawarkan keindahan alam yang masih alami bahkan beberapa masih sangat jarang terjamah tangan manusia. Beberapa tempat di negara ini yang memiliki pemandangan yang sangat indah seperti kepulauan lusancay, gunung wilhelm, pulau panasia, eastern field, pegunungan kubor, gunung tavur dan sungai sivoli. 

8. Perancis 

Peringkat ke-8, negara terindah di dunia ditempati oleh negara prancis dengan skor nilai sebesar 6,51. Selain sebagai negara terbesar di uni eropa, prancis juga merupakan salah satu negara yang paling beragam bentang alamnya. Negara ini sering dipuji. karena pemandangannya yang menakjubkan seperti suburnya pegunungan pyrenees, megahnya puncak alpen yang tertutup salju, ladang lavender ungu provence, golden stone chateaux, dan pantai yang indah. 

Industri pariwisata di negara prancis bisa dikatakan tergolong maju, ini adalah negara yang paling banyak dikunjungi didunia pada tahun 2018 saja jumlah pengunjung negara prancis mencapai 89 juta turis, yang merupakan jumlah pengunjung terbanyak dari negara manapun di dunia. 

7. India

Peringkat ke-7, negara terindah di dunia ditempati oleh negara india, dengan skor nilai sebesar 6,54. Terlepas dari stereotype banyak orang yang beranggapan bahwa india adalah negara yang kotor, dan penuh sesak, namun tahukah kalian jika ternyata negara ini dikenal juga sebagai negeri yang penuh keajaiban.

 Ternyata apa yang kita tahu selama ini tentang negara india hanya sebagian kecil dari india yang sebenarnya. Hal ini juga disampaikan oleh salah seorang responden dalam sebuah survei yang mengatakan, bahwa “wilayah yang berbeda di india menawarkan hal yang berbeda pula. 

Seperti hutan hujan yang rimbun di selatan dan himalaya yang indah di utara”. Ya, benar. India memiliki bentang alam yang beragam, sebut saja pegunungan himalaya, dataran tinggi kaas yang dikenal juga sebagai lembah bunga, munnar, l adakh, danau loktak, darjeeling dan masih banyak lagi. Tidak mengherankan rasanya jika kemudian negara ini masuk kedalam 10 besar negara terindah di dunia.  

6. Kenya 

Pada peringkat ke-6, sebagai negara terindah di dunia ditempati oleh negara kenya dengan skor nilai sebesar 6,70. Kenya adalah negara yang sangat beragam baik secara fisik maupun budayanya. 

Negara ini juga merupakan salah satu tujuan paling populer di afrika, dengan pantai yang indah, pegunungan terjal, hutan rimbun, dan sabana yang kaya satwa liar. Ada banyak tempat indah yang tak ada habisnya untuk dikunjungi di negara ini, seperti gunug kenya, dataran tinggi aberdar, bukit cyulu, taman nasional amboseli, cagar alam samburu dan pantai diani. 

5.  Meksiko

Selanjutnya ada negara meksiko yang menempati peringkat ke-5, sebagai negara terindah didunia dengan skor nilai sebesar 6,96. Meksiko adalah negara yang indah dan beragam dengan banyak hal untuk ditawarkan kepada para pengunjungnya.

 Termasuk banyak pantai indah dan eksotis di Meksiko yang populer di seluruh dunia, keanekaragaman bawah laut Meksiko juga melimpah, merupakan tempat bertemunya semenanjung Yucatan dan laut karibia.Meksiko adalah negara kempat dengan keanekaragaman hayati paling banyak di dunia. Juga merupakan satu dari s17 negara megadiverse.

Dalam hal pariwisata, meksiko secara tradisional menjadi salah satu negara yang paling banyak dikunjungi di dunia menurut organisasi pariwisata dunia, dan merupakan negara kedua yang paling banyak dikunjungi di benua amerika, setelah amerika serikat. Negara ini juga memiliki sejumlah besar situs warisan dunia UNESCO dengan daftar termasuk reruntuhan kuno, kota kolonial, dan cagar alam, serta sejumlah karya arsitektur. 

4. Tanzania

Peringkat ke-4, negara terindah di dunia ditempati oleh negara tanzania dengan skor nilai sebesar 6,98. Sama seperti negara tetangganya yang menempati peringkat ke-6, tanzania dikatakan sebagai salah satu negara terindah didunia karena memiliki bentang alam yang sangat beragam.

 Terletak di kawasan afrika timur, tanzania adalah rumah bagi gunung kilimanjaro, yang merupakan gunung tertinggi di benua afrika. 
Tidak hanya wilayah pegunungan, tanzania juga memiliki garis pantai sepanjang 1.424 kilometer dengan beberapa pulau-pulau di lepas pantai samudera hindia.

 Lokasinya yang strategis juga menjadikan tanzania sebagai rumah yang cocok bagi beragam kehidupan marga satwa afrika negara ini memiliki sekitar 20% spesies populasi hewan berdarah panas yang sangat besar di afrika, yang dapat ditemukan di 21 taman nasional, 1 kawasan konservasi, dan 3 taman laut. Tidak mengherankan jika sejak dulu wisata safari sangat populer di negara ini. 

3. Kolombia

Di peringkat ke-3, negara terindah di dunia ditempati oleh negara kolombia dengan skor nilai sebesar 7,16. Kolombia adalah salah satu negara transconinental atau negara lintas benua, karena wilayahnya membentang dari amerika selatan hingga ke amerika utara. Bentang alam Kolombia sangat beragam.

Wilayah Kolombia meliputi hutan hujan amazon, dataran tinggi, padang rumput, dan gurun, serta merupakan satu-satunya negara di amerika selatan yang memiliki garis pantai dan pulau-pulau di sepanjang samudra atlantik dan pasifik. Selain alamnya yang bervariasi, kolombia juga memiliki tingkat keanekaragaman hayati tertinggi kedua di dunia, negara ini adalah salah satu dari 17 negara megadiverse dunia. 

2. Selandia Baru

Pada peringkat ke-2 negara terindah di dunia ditempati oleh negara selandia baru dengan skor nilai sebesar 7,27. Selandia baru adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di bagian selatan bumi dan terdiri dari sekitar 700 pulau-pulau kecil serta dua pulau besar yaitu pulau selatan dan utara. 

Negara ini memiliki panorama alam yang sangat menarik, mulai dari perbukitan, pegunungan, termasuk di dalamnya adalah pegunungan alpen selatan dan sejumlah gunung berapi aktif. 

Selandia baru juga memiliki jumlah gletser yang tinggi, dengan lebih dari 5.000 gletser disetiap jarak 100.000 kilometer persegi dan garis pantai yang panjangnya lebih dari 15.000 kilometer persegi. 

Dengan bentang alam yang begitu beragam, ribuan orang datang berduyun-duyun ke selandia baru hanya untuk menyaksikan sendiri keajaiban alam negara tersebut. Pesona alam slandia baru bahkan sering dijadikan latar untuk acara TV maupun film, dan salah satu yang paling ikonik adalah trilogi film the lord of the rings.

1. Indonesia 

 Dan peringkat pertama yang sekaligus menutup daftar negara terindah di dunia ditempati oleh negara kita tercinta indonesia dengan skor nilai sebesar 7,77. Indonesia dinobatkan menjadi negara terindah versi money.co.uk, media Inggris karena sejumlah alasan.

 Diantaranya karena keindahan bentang alam seperti pegunungan, gunung berapi, htan tropis, terumbu karang hingga gletser.

Sal Haqqi, penulis dan personal finance editor pernah mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara terindah di dunia. Yakni, kata dia, per 100.000 kilometer persegi di negara ini punya keindahan alam menakjubkan. 

Indonesia merupakan rumah bagi lebih dari 17.000 pulau yang luar biasa dan punya 50.000 kilometer garis pantai, dan tak jauh dari pantai pulau-pulau ini, anda akan menemukan lebih dari 50.000 kilometer persegi terumbu karang yang kaya kehidupan.

Sejumlah destinasi wisata populer yang menyajikan keindahan alam di antaranya adalah pulau bali, hutan tropis di pulau sumatera dan kalimantan termasuk cagar alam orang utan, dan sejumlah situs warisan dunia UNESCO seperti taman nasional komodo. 

Nah itulah tadi 10 negara terindah di dunia dimana yang paling indah adalah Indonesia menurut situs money.co.uk. Tentu sebagai orang Indonesia kita sangat bangga dan harus menjaga sebaik-baiknya keindahan alam di tanah air. 

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)