Biografi Abdul Malik bin Quraib, Sarjana Muslim Pertama Pengkaji Zoologi

Ary
0
Biografi: Biografi Abdul Malik bin Qurain, sarjana muslim pertama pengkaji zoologi

Abdul Malik bin Quraib Al Asma’i lahir di Basrah Irak tahun 789 Masehi, dan wafat pada 831 Masehi di kota kelahiranya.

Merupakan seorang ilmuwan, sekaligus sarjana muslim pertama yang mengkaji ilmu tentang binatang (zoologi) dan ilmu alam. Serta, menyusun sajak.

Beliau merupakan satu dari tiga anggota ternama dari Bsra sekolah filogi Arab dan bergabumg dengan
Kekhalifahan Abbasiyah Harun al-Rasyid di Baghdad, menjadi tutor untuk putra Khalifah.

Pengetahuanya tentang bahasa Arab Klasik begitu luas. Beliau punya banyak koleksi karya karya dari penyair Arab Pra Islam.

Abdul Malik bin Quraib Al Asma’i juga menulis sebuah antologi berjudul  Al-Asma ʿ īyāt. Kumpulan puisi ini bertema sedih dan kebangkitan.

Selain itu, menurut berbagai sumber, Abdul Malik bin Quraib Al Asma’i menghasilkan sekitar 60 karya. Kebanyakan karyanya membahas tentang hewan, tumbuhan, membahas karya sastra pra Islam, hingga adat istiadat. Karya beliau lainya kemudian disusun oleh para murid muridnya.

Nama Abdul Malik bin Quraib Al Asma’i semakin terkenal setelah menulis berbagai karya mengenai zoologi. Meski demikian, beliau adalah orang yang sederhana dan saleh.

Karyanya yang populer kala itu yakni kitab Al Khail yang membahas tentang hewan kuda dan jitab Al Ibil membahas tentang unta.

Karya lainya yakni Kitab ash-Sha’ dan kitab Al Wuhush, masing masing membahas tentang hewan liar dan kambing. Kemudian, beliau juga menulis karya terakhirnya ‘Kitab Khalq al Insan, yang mengkaji tentang anatomi manusia.

Di masa Kekhalifahan Umayah, karya karya Abdul Malik bin Quraib Al Asma’i
begitu populer dan dijadikan rujukan banyak ilmuwan kala itu. Bahkan kitabnya masih menjadi rujukan para ilmuwan Austria hingga abad ke 19 Masehi.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)