Belajar Saat Pandemi Kurang Maksimal? Lakukan Cara Ini Untuk Kejar Ketertinggalan

Ary
0
Bimbel Neacourse

Belajar ditengah pandemi memang dinilai kurang maksimal. Proses belajar mengajar yang lebih banyak dilakukan dirumah secara online, diakui banyak kendala.

Ada yang terkendala koneksi internet, ada juga kendala lainya seperti ketertinggalan belajar (learning loss).

Kalau kamu siswa SMA, mungkin masalah learning loss akan terasa banget. Ini lantaran dua tahun belakangan kamu lebih banyak belajar dirumah.

Padahal sebelumnya, sebelum terjadi pandemi. Pendidikan kita lebih banyak dilakukan tatap muka di sekolah. Belajar online kala itu masih belum digaungkan.

Guru juga mengalami tantangan tersendiri selama pandemi. Tak sedikit mengalami kesulitan saat proses belajar mengajar dengan metode online karena belum terbiasa.

Kendala belajar ditengah pandemi ini mungkin kelihatan sederhana. Tapi kalau dibiarkan bisa berdampak  buruk. Semangat belajar bisa turun dan prestasi merosot.

Bagi siswa yang sedang mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) juga bisa terganggu akibat loss learning.

Keluhan Belajar Daring

Mengutip laman Sahabat Keluarga Kemendikbud yang memaparkan hasil survei UNICEF tahun 2020. Menyebutkan bahwa sebanyak 66 %  dari 60 juta pelajar berbagai jenjang merasa tak nyaman belajar dirumah.

Sementara hasil survei juga menunjukan sebanyak 87%siswa  ingin kembali belajar ke sekolah dan bersedia pakai masker saat disekolah.

Kemudian, sebanyak 38% pelajar merasa bimbingan guru saat belajar online menjadi masalah utama. Sementara itu, sebanyak
35% responden mengatakan pembelajaran daring terhambat koneksi internet yang buruk didaerah mereka. Sedangkan  62% pelajar lainya sangat memerlukan kuota internet bila belajar jarak jauh dilanjutkan.

Cara Menghadapi Learning Loss

Agar tak semakin mengalami ketertinggan belajar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, oleh siswa maupun pengajar.

Untuk pengajar, solusi yang tepat adalah meningkatkan keterampilan mengajar online. Sekarang ini hanyak cara untuk upgrade skill, bisa lewat internet. Guru bisa ikut pelatihan di bimbingan belajar online terpercaya.

Sedangkan para siswa, bisa juga mengikuti bimbel online tambahan untuk atasi learning loss sekaligus meningkatkan prestasi belajar.

Banyak bimbel online yang bisa dipilih, yang menawarkan metode belajar daring menyenangkan dan mudah. Tak sedikit juga Bimbel yang sediakan program masuk perguruan tinggi negeri.  Kemampuanmu di bidang akademik pastinya akan meningkat.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendala belajar di tengah pandemi dan menghadapi keterringgalan belajar. Semoga bermanfaat.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)