7 Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan

Ary
0

7 cara atasi ketakutan berlebihan

Ilustrasi perempuan mengalami ketakutan berlebihan

Hal berbahaya atau menyakitkan, membuat seseorang seringkali merasa takut. Ini wajar dan manusiawi.

Manusia memang cenderung tak lepas dari merasa takut terhadap suatu hal yang dianggapbmengancam atau membahayakan dirinya.

Tapi, rasa takut akan menjadi tidak baik kalau berlebihan. Rasa takut berlebih atau pobia membuat seseorang malah tidak produktif bahkan benar benar mengganggu kehidupan.

Rasa takut berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan mental kalau tak ditangani. Makanya, penting sekali untuk mengendalikan rasa takut berlebihan, menjaga diri supaya tetap bersikap logis meskipun misalnya dibayangi rasa takut terhadap sesuatu hal.

Nah beberapa tips berikut ini akan menjelaskan cara menghilangkan rasa takut berlebihan. Berikut ulasannya.

Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan

1. KENALI PENYEBAB RASA TAKUT BERLEBIHAN

Cara menghilangkan rasa takut berlebihan yang pertama, adalah dengan mengenali penyebab rasa takut itu sendiri.

Dengan mengenali penyebabnya, nantinya kamu bisa cari cara mengatasi ketakutan berlebihan ini. Contoh, kamu takut hantu, maka kamu perlu temukan penyebab ketakutanmu.

Mungkin karena kamu mengira tampang hantu seram, setelah kamu sering nonton acara horor. Itu penyebabnya.

Kalau sudah ketemu penyebabnya, sekarang tinggal mengatasinya. Coba pikirkan ini.

Hantu di acara horor itu cuma acara tontonan tujuanya untuk menghibur. Bisa jadi itu tidak nyata. Jadi, kamu tidak perlu takut. Ini bisa jadi cara tepat menghilangkan rasa takut berlebihan.

2. HINDARI SUMBER KETAKUTAN BERLEBIH

Kalau cara pertama belum manjur hilangkan rasa ketakutan berlebihan. Coba cara kedua ini. Yaitu dengan menghindari yang membuat kamu takut.

Contohnya seperti diatas, kamu takut hantu gara gara sering nonton acara horor. Mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk ganti tontonan supaya kamu gak dibayangi ketakutan lagi.

Alihkan fokusmu ke hal hal lain. Lambat laun, pikiran tidak lagi terlalu besar merespons ketakutan dan akhirnya ketakutan berlebihan akan hilang.

3. HADAPI SAJA RASA TAKUT BERLEBIHAN

Cara berikutnya, adalah langsung menghadapi rasa takut berlebihan. Kalau kamu takut pada suatu hal dan itu sudah benar benar mengganggu kehidupanmu. Kamu bisa menggunakan cara yang sedikit berani, yaitu langsung berhadapan dengan sumber ketakutan itu.

Misalnya tadi kamu takut hantu, sehingga kamu gak berani kemana mana sendirian pas malam. Coba kamu tonton acara horor terseram atau berjalan sendirian sambil terus yakin bahwa ketakutanmu sebenarnya ilusi.

Cara ini memang agak berat awalnya. Sebab kita benar benar merasa takut tapi harus menghadapi langsung. Tapi, sekali kamu berhasil mencobanya, rasa takut berlebihan itu bakal lenyap. Kamu jadi lebih berani.

4. PURA PURA BERANI

Pernah ada ungkapan begini kira kira ” kalau takut, berpura puralah berani, tidak ada orang yang tahu,”. Ungkapan ini ada benarnya juga. Bisa untuk menghilangkan ketakutan berlebihan.

Misalnya, kamu demam panggung. Takut ngomong di depan banyak orang. cobalah berpura pura berani, pura pura gak gerogi dan tegang. Gak ada seorangpun yang akan tahu bahwa sebetulnya kamu sedang takut. Cara ini bisa jadi akan menambah mental kamu. Cara ini lama lama membuat kamu menjadi berani.

5. TETAP BERPIKIR RASIONAL

Saat ketakutan berlebihan menguasai, pikiran jadi kacau, yang ada hanya rasa takut yang berkecamuk. Tenangkan diri dan berusahalah berfikir rasional dan sehat.

Jangan dulu langsung menyimpulkan dirimu takut, gunakan logika saat ketemu bahaya atau ancaman supaya ketakutan gak langsung menguasaimu dan berdampak buruk.

Pikirkan lagi, jangan jangan hal yang kamu takuti ternyata gak semengerikan atau seberbahaya itu. Berpikir rasional saat takut akan membuat kamu gak gampang terkuasai rasa takut berlebihan.

6. PIKIRKAN EFEK BURUK KETAKUTAN BERLEBIH

Kalau kamu sudah coba berbagai cara menghilangkan ketakutan berlebih tapi gak manjur juga. Itu artinya rasa takut sudah parah, kamu perlu memikirkan lagi efek buruk jika terus terusan dihantui ketakutan.

Pikirkan, betapa ruginya kalau kamu harus terus terusan merasa takut pada suatu hal secara berlebihan. Mental dan pekerjaan bahkan kehidupanmu akan kacau terganggu. Pastinya kamu gak ingin itu terjadi. Pastinya kamu gak mau ketakutan mengacaukan hidupmu dan kamu akan berpikir untuk segera menghilangkan ketakutan itu dengan berani.

7. KONSULTASI

Kalau rasa takut berlebih masih belum juga lenyap. Kamu bisa konsultasi ke ahlinya. Bisa jadi rasa takut berlebihan akibat efek kondisi medis tertentu. Maka solusi yang tepat adalah berkonsultasi ke ahlinya.

Nah itulah tadi cara menghilangkan rasa takut berlebihan yang bisa kamu coba. Ada yang efektif dengan cara ini. Namun satu hal yang perlu kita sadari, untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan.

Seorang muslim mislanya, yang rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah, hidupnya lebih tenang, tak takut berlebihan terhadap suatu hal dalam kehidupanya karena yakin bahwa hanya Allah satu satunya penolong dan pelindung yang Maha Kuasa.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)