5 Tips Atasi Anak Malas Belajar

Ary
0
Bimbel Neacourse

Tidak bisa dipungkiri, anak anak lebih suka main dan sering malas belajar. Membuat orang tua merasa bingung, cemas, hingga marah menghadapi hal ini. Disini, kesabaran diuji.

Tapi tidak perlu khawatir atau marah. Lebih penting cari cara untuk bersiasat. Beberapa tips berikut bisa dicoba ketika anak malas belajar di sekolah maupun dirumah.

1. Terlibat Dalam Proses Belajar Anak

Tips pertama, anda sebagai orang tua perlu terlibat dalam proses belajar anak. Misalnya, temani dia saat kerjakan PR. Atau bisa juga bertanya mengenai apa saja yang anak pelajari di sekolah.

Lakukanlah interaksi dan komunikasi yang bagus. Tunjukan bahwa anda sebagai orang tua tertarik dengan aktivitas sekolah dan belajar anak. Ini membuatnya merasa dipedulikan, sehingga lebih termotivasi belajar dan tidak malas lagi.Beri Kebebasan Anak Dalam Belajar

2. Beri Kebebasan Anak Dalam Belajar

Tips kedua, beri kebebasan anak dalam belajar agar tidak malas lagi. Jangan memaksanya belajar, apalagi hanya demi kejar nilai tinggi dan ranking bagus disekolah.

Prestasi sekolah perlu diraih, tapi cara meraihnya bukan dengan memaksa anak belajar terlalu keras. Hal ini malah membuatnya semakin malas belajar bahkan merasa stres karena terbebani.

jadi, alih alih minta anak kejar nilai bagus, lebih baik arahkan saja anak anda untuk fokus pada materi pelajaran. Beri dia kebebasan dalam belajar sehingga lebih tenang. Anda hanya perlu mendampingi dan memberi motivasi.Buat Suasana Belajar Nyaman

3. Buat Suasana Belajar Nyaman

Tips ketiga, buatlah suasana dirumah jadi tempat nyaman untuk belajar anak. Misalnya, sediakan tempat khusus (kamar) untuk belajar anak, tata ruangan ini dengan rapi dan lengkapi fasilitas belajarnya seperti alat alat tulis dan alat belajar pendukung lain.

Bisa jadi, penyebab anak malas belajar karena suasana tidak kondusif atau sarana belajar kurang lengkap. Maka sebagai orang tua wajib membuat suasana belajar anak kondusif, dan melengkapi fasilitas belajarnya sehingga anak tidak malas belajar.Berikan hadiah

4. Berikan Hadiah

Tips berikutnya, berikan hadiah agar anak tidak malas belajar. Iming iming hadiah cukup ampuh membuat si kecil termotivasi.

Hadiah yang diberikan bisa berupa mainan yang dia sukai, makanan enak, dan lainya yang membuat anak senang. Bisa juga berupa pelukan atau pujian sebagai tanda kasih sayang orang tua.

Perlu diketahui bahwa pemberian hadiah saat anak yang malas jadi rajin belajar, harus juga dibarengi dengan memotivasinya terus menerus untuk rajin belajar tanpa harus dipaksa. Kepedulian orang tua adalah kunci sukses mengatasi anak malas belajar.Hargai setiap usaha anak

5. Hargai Setiap Usaha Anak

Tips terakhir agar anak tidak malas belajar, hargailah setiap usaha yang sudah dia lakukan. Penghargaan tidak harus memberinya hadiah, cukup memberikan ungkapan apresiasi.

Bahkan kalau nilai sekolahnya jelek, atau masih jauh dari harapan, tetaplah berikan apresiasi. Setidaknya anak sudah berusaha belajar.

Jangan memarahinya. Ini hanya membuat anak anak tertekan, stres hingga malas belajar. Anak bisa saja merasa percuma sudah belajar karena tetap nilainya kurang baik, terlebih jika dimarahi, pastinya akan semakin malas belajar.

Daripada memarahinya, lebih baik komunikasikan baik baik. Bantu anak anda termotivasi lagi tanpa harus merasa tertekan. Anda bisa bantu kesulitan belajar yang dihadapi anak, membantu memecahkan tugas tugas sekolah. Bisa juga dengan mengikutkanya dalam bimbingan belajar dirumah.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)