Liburan ke Bali? Mampir Juga ke Desa Desa Wisata di Badung, Pas Buat Healing

Ary
0
  Panorama wisata Desa Pelaga, Badung, Bali

Bali punya sejuta pesona wisata. Kabupaten Badung Bali, misalnya, terkenal dengan destinasi seperti Kuta, Nusa Dua, Seminyak, dan Canggu.

Selain beberapa tempat tersebut, Badung ternyata mengembangkan berbagai spot lainya, yaitu desa wisata. Nah berikut ini Desa wisata di Kabupaten Badung Bali yang perlu kamu kunjungi saat liburan ke pulau Dewata.

Desa desa wisata ini cocok untuk healing, menghilangkan penat dan menyegarkan kembali pikiran. Ini dia daftarnya.

Daftar Desa Wisata Badung yang Perlu Dikunjungi, Pas Buat Healing

1.Desa Wisata Carangsari

Desa wisata Carangsari ada di Kecamatan Petang  Kabupaten Badung Bali. Disini kuat nuansa sejarahnya, tempat lahirnya I Gusti Ngurah Rai, pahlawan nasional. 

Kebudayaan dan tradisinya juga begitu kuat. Ada seni tari Topeng Tugek Carangsari yang begitu populer hingga mancanegara. 

Selain itu desa wisata Carangsari juga menyimpan potensi wisata alam, ada pondok pertanian kopi dan coklat, juga jalur wisata sepeda. Cocok untuk healing. 

2.  Desa Wisata Bindu 

Desa wisata Bindu Badung Bali, merupakan pelopor seni drama gong. Ada dua tokoh drama gong yang cukup terkenal di Bali dari desa ini. Yaitu I Wayan Lodra dan Gangsar.

Spot desa wisata Bindu menawarkan panorama alam pedesaan asri dan eksotis. Disini terhamar sawah luas dengan jalan setapak menembus tengah persawahan, bisa untuk disusuri. 

Wisatawan juga bisa berinteraksi dan ikuti aktivitas bareng masyarakat setempat. Seperti tanam padi, membajak dan lainnya. 

Lokasi desa wisata Bindu dekat sekali dengan wisata Ubud, cuma 15 menit. Tepatnya di desa Mekar Bhuwana Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. 

3. Desa Wisata Baha 

Desa wisata lainya di Badung Bali, ada desa Baha. Desa wisata ini lekat kaitanya denga  sejarah kerajaan Mengwi. 

Konon, abad 17 kerajaan Mengwi dipimpin raja namanya Cokorda Dimade. Wilayah kerajaan ini punya kawasan hutan yang baunya harum, dan diberi nama Alas Harum. 

Di sebelah utara hutan, ada pemukiman penduduk. Lalu diberi nama desa Baheng. Seiring waktu mengalami perubahan nama, jadi desa Baha.  Kini, lokasi desa wisata Baha sendiri ada di desa Baha, kecamatan Mengwi Kabupate  Badung Bali. 

Desa wisata ini tawarkan budaya khas Baki. Seperti pura yang dihiasi ornamen kuno dan unik, voa perjuangan hingga pemandangan alam yang cantik.  Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan trekking, bersepeda atau jalan kaki menyusuri sawah.

Juga bisa menyaksikan langsung sebuah tradisi pembuatan jerimpen, salah satu sarana yang dipakai untuk upacara adat Bali. 

4. Desa Wisata Bongkasa Pertiwi 

Desa wisata Bongkasa Pertiwi pemandanganya indah dengan hamparan sawah hijau dan aliran sungai Ayung alami.  

Sungai ini merupkan salah satu sungai paling tua dan terpanjang di Bali. Bisa dimanfaatkan untik arung jeram susur sungai menantang adrenalin. 

Kawasan desa wisata Bongkasa Pertiwi juga tersedia beberapa wahana permaina. Seperti ATV, main paint ball, dan main swing. Selain kebanyakan sebagai petani, warga desa setempat juga beternak babi yang dikeola lewat BUMDES dengan sistem pengelolaan bagus.

Akses menuju desa wisata Bongkasa Pertiwi cukup mudah karena bisa dilalui kendaraan mobil dan motor. Fasilitas lainya tersedia penginapan untuk bermalam wisatawan. 

5. Desa Wisata Pelaga 

Desa Wisata Pelaga menjadi pilihan tempat healing yang cocok dikunjungi di Bali. Lokasinya di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.  Berbatasan dengan wilayah Kintamani. Di dataran tinggi puncak Mangu, sehingga udaranya sejuk. 

Desa wisata Pelaga punya spot agronya yang terkenal, yaitu Bagus Agro, pemandanganya indah. Wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan petani kebun. 

Sementara ikon menarik disini yaitu Tukad Bakung. Ini adalah jembatan yang kabarnya jembatan paling tinggi di Asia Tenggara. Dari puncak Mangu, bisa menikmati sejuknya udara khas pegunungan. 

Itulah 5 desa wisata di Kabupaten Badung Bali yang perlu kamu kunjungi saat liburan ke pulau Dewata. Tempat tempat tersebut cocok untuk healing, hilangkan penat karena rata rata menawarkan suasana alam yang indah dan asri.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)