7 Tokoh Pemberontak Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Gak Kenal Takut

Ary
0
             Giuseppe Garibaldi/ Wikipedia

7 Tokoh Pemberontak Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Gak Kenal Takut

Berikut ini 7 tokoh pemberontak paling terkenal sepanjang sejarah. Ini dia daftarnya :


1. Giuseppe Garibaldi (1807-1882)

Tokoh pemberontak paling terkenal yang pertama dalam daftar ini, Ada Giuseppe Garibaldi (1807-1882). 

Dia sebelumnya cuma seorang kapten kapal. Lalu terlibat dalam  'Gerakan Italia Muda' untuk menggulingkan pemerintahan Piedmont di Italia.

Tujuan pemberontakan, adalah pembebasan Italia dan menyatukan negara tersebut.

Tapi kudeta ini gagal, mengutip dari ThoughtCo. 

Karena itu,Giuseppe Garibaldi terpaksa lari ke Amerika Selatan. 

Disana, ikut gerakan pemberontakan di Brasil. Juga sempat jadi pemimpin pasukan Uruguay melawan diktator di negara itu. 

Pada 1848, Giuseppe kembali ke Italia, ikut dalam aksi militer selama  revolusi di Italia. Revolusi berakhir tahun 1850.

Lalu dia ke Amerika Serikat dan kembali ke Italia pada pertengahan 1850. Pada 1860 di Sisilia, pertempuran kembali terjadi. Kawasan ini berhasil direbut oleh Giuseppe bersama seribu sukarelawan.

Setelah itu, dia aktif dalam beberapa kampanye militer dan terpilih sebagai anggota parlemen. 

Menurut Britannica, Giueseppe menjadi terkenal lantaran menyatukan Italia selatan dan Utara. 

2. Spartacus (sekitar 109-71 SM)

Kedua, ada Spartacus (sekitar 109-71 SM). Tak banyak diketahui tentang latar belakangnya. Tapi namanya populer karena dia adalah gladiator dari Thrace yang memimpin pemberontakan melawan pemerintahan Roma. 

Spartacus dan sejumlah gladiator tahun 73 SM melarikan diri dari sekolah pelatihan gladiator. Sekitar 78 orang berhasil kabur dan pergi Gunung Vesuvius.

Melansir ThoughtCo, Spartacus, Crixus, Oenomaus, dan Castus kemudian menjadi pimpinan kelompok gladiator ini. 


Jumlah anggota mereka semakin besar hingga 70 ribu orang. kebanyakan bekas budak Romawi yang mengalami penindasan.

Spartacus mulai terlibat dalam berbagai pertempuran. Termasuk melawan pasukan Gaius Claudius Glaber dan menang. 

Pasukan Spartacus kalah ketika 
 pasukan Marcus Licinius Crassus mengepung dan membantai kelompoknya. 

Kemudian perang budak ketiga ini berakhir dengan kekalahan di pihak Spartacus. Jasad Spartacus tak berhasil ditemukan.

3. Zhu Yuanzhang (1328-1398)

Tokoh pemberontak berikutnya yang paling populer sepanjang sejarah adalah Zhu Yuanzhang (1328-1398). Barangkali sosok satu ini sangat fenomenal. 


Zhu Yuanzhang lahir di sebuah desa miskin di China, seperti dikutip dari laman History of Yesterday. Bahkan dia pernah jadi gelandangan dan pengemis dari satu tempat ke tempat lain demi sesuap nasi. 

Hal ini membuatnya begitu memahami pahitnya hidup miskin seperti kebanyakan rakyat jelata waktu itu.


Zhu lalu ikut sebuah kelompok pemberontak. Pada 1356, bahkan diangkat jadi pemimpin dan sukses menaklukan kawasan Nanjing. 

Setelah sukses memenangkan berbagai pertempuran melawan pasukan Mongol, Zhu mendirikan Dinasti Ming dan menjadi kaisar dengan nama  Hongwu (atau Taizu).

Dinasti Ming sendiri berkuasa di China dari tahun 1368 hingga 1644. 

4. Simón Bolívar (1783-1830)

Kisah dramatis dan heroik Simón Bolívar berawal saat dia kembali ke Venezuela, dari Eropa tahun 1807. 

Di Venezuela, Simón Bolívar menyaksikan perpecahan rakyat. Ada yang pro Spanyol dan ada yang ingin merdeka dari penjajah. Demikian menurut ThoughtCo.

Tiga tahun kemudian, rakyat di Caracas Venezuela mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol. Waktu itu Simon punya peran penting dalam mengadvokasi kemerdekaan penuh bagi bangsanya. 

Saat Republik Venezuela pertama jatuh kembali ke tangan Spanyol. Simon dan loyalisnya melakukan perlawanan pada akhir tahun 1813 hingga awal tahun 1813.

Tak berselang lama, dia mendeklarasikan Republik Venezuela kedua.  Rakyat Venezuela lalu menggelari Simon  'El Libertador' atau sang 'Pembebas' sekaligua mengangkatnya sebagai pemimpin. 

Tapi Republik Venezuela kedua juga kalah, oleh Tomas Boves. 

Setelah berkali kali kalah dalam perjuangan, Simon sukses menang dalam pertarungan Carabobo dan Boyaca. 

Walaupun gagal menyatukan negara negara di Amerika Selatan menjadi satu bangsa. Tapi Simon Boliver dikenang sebagai tokoh yang berjasa besar dalam mendirikan negara negara seperti Venezuela, Kolombia, Panama, Ekuador, Peru, Bolivia dan Panama. 

5. William Wallace (1273-1305)

Tokoh pemberontak paling populer sepanjang sejarah berikutnya ada William Wallace (1273-1305). Dia memimpin pemberontakan skotlandia tahun 1297. 

Pasukanya memang kalah jumlah, tapi sukses mengalahkan Inggris dalam pertempuran di Jembatan Stirling.  Tokoh yang dicap pemberontak oleh Inggris ini oleh rakyat dijuluki Guardian of Scotland (Pelindung Skotlandia) tahun 1298. 

Tapi, di tahun sama, pejuang kemerdekaan Skotlandia ini kalah dalam pertempuran Falkirk dan berujung tragis. Tahun 1305, William ditangkap dan menerima hukuman mati secara brutal, dengan alasan pengkhianatan tingkat tinggi. 

Namun rakyat Skotlandia mengenang William Wallac sebagai martir dan simbol perjuangan kemerdekaan, sebagaimana tertulis dalam situs 'Biography'. 

6. Toussaint Louverture (1743-1803)
potret Toussaint Louverture 

Berikutnya ada Toussaint Louverture (1743-1803). Salah satu pemberontak paling terkenal sepanjang sejarah yang memimpin Revolusi Haiti. 

Revolusi Haiti sendiri dipicu aksi penindasan dan perbudakan oleh orang orang Eropa. Para budak kemudian melawan pada tahun 1791 dan Toussaint ikut terlibat. 

Toussaint Louverture dan para pemberontak belajar militer secara mandiri, merekrut rakyat Haiti menjadi pasukan. 

Toussaint Louverture mengajarkan taktik perang griliya kepada para pasukannya. Dia juga semakin terkenal lantaran usaha pemulihan ekonomi Haiti tahun 1795.  

Tidak lama setelah kematianya pada tahun 1804, bangsa Haiti berhasil merdeka. Kepemimpinan sosok Toussaint Louverture dikenang sebagai pemimpin perjuangan kemerdekaan Haiti. 

7. Michael Collins (1890-1922)

Michael Collins adalah tokoh yang dicap pemberontak, tapi dijuluki pahlawan pejuang kemerdekaan Irlandia. Sebelumnya, dia bekerja  menjadi staf di London Inggris tahun 1906. 

Lalu kembali ke Irlandia tahun 1916 dan ikut dalam aksi pemberontakan 

Sebelum kembali ke Irlandia dan sempat ditangkap lalu dibebaskan pada bulan Desember di tahun yang sama.

Michael Collins menjadi populer lantaran merupakan direktur Intelijen Tentara Republik Irlandia. 

Dia bersiasat melakukan serangkaian serangan kepada polisi dan melakukan percobaan pembunuhan terhadap agen intelijen terkenal Britania di Irlandia. 

Michael Collins juga dikenal sebagai tokoh yang mengembangkan taktik perang griliya modern. 

Ketika perjuanganya berhasil memerdekakan  Irlandia dari Britania. Justru terjadi perang saudara antara yang pro dan kontra Irlandia merdeka.

Perang saudara ini  menelan korban sesama rakyat Irlandia dan tokoh pejuang kemerdekaan termasuk Michael Collins yang akhirnya ditembak mati. 

Nah itulah tadi kisah 7 pemberontak paling terkenal sepanjang sejarah. 
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)