Tips Usaha Bengkel Motor Sebelum Memulainya

Ary
0

Dunia otomatif gak ada matinya. Peluang usaha di bidang ini juga terbuka lebar, termasuk usaha bengkel motor. 

Sepeda motor sendiri sekarang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat untuk transportasi harian. 

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah motor di Indonesia tahun 2022 sebanyak 115.023.039 unit. 

Ini artinya peluang usaha bengkel motor masih cerah. 

Nah untuk memulai usaha bengkel motor, selain memang punya ketertarikan di bidang otomotif, kamu juga perlu menyiapkan beberapa hal.

Berikut ini beberapa tips usaha bengkel motor yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Bikin Konsep Usaha Jelas

Sebelum membuka usaha bengkel motor, coba bikin konsep usaha yang jelas. Bengkel motor jenis apa yang ingin kamu buka? bengkel umum, bengkel khusus modifikasi, khusus matik, motor sport atau lainya?

Itu perlu kamu pikirkan. Sebaiknya kamu sesuaikan dengan minat kamu dimana dan sesuaikan dengan sumber daya yang kamu punya. 

Intinya, membuka usaha apapun termasuk bengkel motor harus punya konsep jelas diawal sebelum memulai, supaya kamu lebih fokus.

2. Lokasi Bengkel 

Tips usaha bengkel motor kedua, pilih lokasi strategis. Misalnya di dekat pusat keramaian atau pinggir jalan. Pilihan lokasi cukup berpengaruh terhadap ramai enggaknya pelanggan kamu nantinya.

3. Modal Awal 

Tips berikutnya, siapkan modal uang secukupnya untuk memulai usaha bengkel motor. Modal ini nantinya untuk membangun bengkel, operasional dan memasok alat alat perbengkelan.  Untuk awal, mungkin bisa memulainya dengan modal kecil.

4. Pasokan Suku Cadang 

Tips usaha bengkel motor selanjutnya, kamu harus temukan pemasok suku cadang yang sesuai dengan konsep bengkel motor kamu. Pastikan pemasok yang kamu pilih punya suk cadang berkualitas dan banyak varian produk.

5. Biaya Operasional 

Kamu juga perlu merinci biaya operasional bengkel. Ini termasuk biaya tempat bangunan, listrik, gaji karyawan, higga dana cadangan. 

Penting juga merinci biaya persiapan alat alat bengkel seperti kunci-kunci, kompresor dan lain lain. Pastikan kamu menyediakan biaya operasional secukupnya supaya usaha nantinya berjalan lancar.

6. Mencari Montir Kompeten 

Tips buka usaha bengkel motor berikutnya adalah menemukan montir yang benar benar mengerti otomotif khususnya sepeda motor. Jadi jangan asal asalan merekrut tenaga. Tapi kalau usaha bengkel motor kecil, kamu bisa menanganinya di awal sendiri, asalkan kamu paham mesin dan cara perbaiki motor.

7. Menyediakan Sparepart 

Berikutnya, sediakan sparpart yang lengkap dan berkualitas. Sediakan yang biasanya paling banyak dan sering dicari konsumen.  Tapi kalau modal terbatas, kamu bisa melengkapi spartpart secara bertahap seiring berkembangnya usaha bengkel motor kamu. 

8. Pengelolaan dan Pelayanan Bengkel 

Bisnis perlu pengelolaan dan pelayanan yang tepat. Sebelum mulai buka usaha bengkel motor, kamu perlu memikirkan bagaimana cara mengelola bisnis ini supaya lebih efektif dan menguntungkan. 

Pikirkan juga mengenai cara pelayanan yang nantinya kamu berikan ke pelanggan. pastikan nantinya setelah buka, kamu melayani konsumen dengan sebaik mungkin.

9. Mengatur Strategi 

Jangan lupa atur strategi supaya usaha bengkel motor kamu nantinya banyak pelanggan dan dikenal luas. Misalnya melakukan promosi kecil kecilan ke keluarga, teman, saudara dan lingkungan sekitar tempat usaha kamu. 
Dan memberikan layanan yang berbeda dari pesaing. Misalnya ada diskon untuk pelanggan setia, gratis wifi di bengkel dan lain lain. 

Itulah tadi tips membuka usaha bengkel motor. Mengingat prospek usaha otomotif satu ini cukup bagus, jadi gak ada salahnya mencoba, terlebih kamu memang punya minat di bidang ini. Pastikan sebelum memulai, kamu sudah merencanakan berbagai hal dengan matang, supaya usaha bengkel kamu bisa sukses kedepan.



Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)