Tepung Maizena , Manfaat dan Fakta Unik

Ary
0
 Tepung Maizena , Manfaat dan Fakta Unik

Sejarah Maizena

Tahukah anda ternyata banyak yang keliru mengartikan nama Maizena. Sebenarnya, Maizena merupakan merk tepung dari negara Mexico. Tapi di Indonesia tepung ini digunakan untuk menyebut nama tepung jagung, Maizena. 

Namun karena sudah membudaya jadi kebanyakan orang Indonesia menyebut Maizena sebagai tepung jagung sampai sekarang. Ini cukup unik. Nah berikut imi fakta unik tepung maizena selengkapnya. 

Kandungan Tepung Maizdna

Ada beberapa kandungan di dalam tepung maizena. diantaranya adalah vitamij A, B1, B2, B3, dan vitamin C. Kemudian juga mengandung aneka mineral seperti kalium, kalsium dan fosvor. 

Selain itu tepung maizena juga terdapat sebanyak 27% amilosa dan amilopektin 73%. kadar amilosa yang tinggi ini bisa memengaruhi terbentuknya semacam gel yang kaku dan kuat. Sementara kandingan amilopektin pada tepung maizena dapat cegah granula pecah disibebabkan gelatinisasi. 

Rendah Gula

Tepung maizena juga punya fakta unik lainya yakni rendah gula serta bebas gluten dan tak ada kandungan lemak. Ini cocok buat yang sedang diet. Juga aman dikonsumsi penderita diabetes, asalkan sesuai porsi dan tidak berlebihan.

Banyak Manfaat 

Selain bisa untuk mengentalkan kuah, ada beberapa manfaat dari tepung maizena berikut ini :

Digunakan sebagai bahan campuran pembuatan biskuit, kue kering, biskuit, dan makanan bayi.  Ini lantaran tepung maizena dapat membuat biskuit atau kue jadi lebih kering.

Tepung maizena juga dapat membuat gorengan lebih renyah dan garing. Tak cuma itu, ada bahan namanya  'corn syrup. Ini terbuat dari bahan maozdna yang bisa melembutkan dan menhembangkan adonan kue. Adonan juga lebih gampang dibentuk karena sifat tepung maizena dapat mengikat cairan.

Selain dimanfaatkan untuk berbagai bahan olahan makanan, tepung maozena juga bisa dimanfaatkan untuk bahan anti lengket dalam produk kesehatan dan diolah menjadi produk kesehatan. 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)